Duh...Rendah Serapan Vaksin, Dua Kabupaten di Bengkulu Naik Level PPKM

Pelaksanaan vaksinasi.

SIBERKLIK.COM - Dua Kabupaten di Provinsi Bengkulu kembali naik ke level III setelah sebelumnya turun ke level II di masa pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) selama pandemi COVID-19.

Kedua kabupaten ini adalah Mukomuko dan Seluma di mana naiknya level didasari oleh rendahnya cakupan vaksinasi di daerah ini.

Wakil Ketua I Satgas Penanganan COVID-19 Kabupaten Mukomuko, AKBP Witdiardi yang juga menjabat sebagai Kapolres Mukomuko mengatakan meski kasus positif COVID-19 turun signifikan, namun PPKM justru naik level. 

Padahal pihaknya telah maksimal sosialisasikan pelaksanaan vaksinasi dan mengajak seluruh pihak mengikuti serbuan vaksinasi.

Dalam penanganan pandemi ini, bahkan pihaknya bahkan langsung turun ke sekolah, pesantren gereja serta tetap membuka gerai vaksin presisi di Mapolres Mukomuko.

Kapolres Mukomuko juga menghimbau masyarakat untuk selalu mematuhi Protokol Kesehatan sebelum dan sesudah beraktivitas di luar rumah agar Pandemi COVID-19 segera selesai.

Di Seluma, minimnya partisipasi masyarakat dalam vaksinasi membuat Satuan Tugas di wilayah ini dituntut untuk kembali menerapkan penanganan Kasus COVID-19.

“Saat ini berdasarkan Instruksi Mendagri, bahwa Seluma kembali naik ke level 3 Covid 19. Sehingga kita bersama Satgas Covid 19 Kabupaten Seluma, telah melakukan koordinasi mengenai hal tersebut,” terang Kapolres Seluma Polda Bengkulu AKBP Darmawan Dwiharyanto.

Kapolres mengatakan, jika mengacu pada sebaran kasus di Kabupaten Seluma sudah mengalami penurunan dan turun ke level 1. Namun lantaran saat ini progres Vaksinasi saat ini masih sangat minim, sehingga membuat Seluma kembali ke level 3.

Guna menindaklanjuti hal tersebut, Kapolres Seluma telah meminta Polsek jajaran untuk mempercepat proses pelaksanaan vaksinasi Covid 19. Karena memang untuk vaksinasi COVID-19 saat ini, mengalami berbagai kendala termasuk keinginan masyarakat yang masih sangat kecil.

Disampaikan Kapolres Seluma, dinas kesehatan dan puskesmas di kabupaten Seluma juga diharapkan dapat kembali gencar dalam melakukan vaksinasi.

"Termasuk menjadwalkan ulang untuk pelaksanaan vaksinasi terpusat, Kepala Desa diharapkan untuk terus berkoordinasi dengan Bhabinkamtibmas untuk proses pelaksanaan Vaksinasi tersebut" katanya.

Sebelumnya, Gubernur Bengkulu menindaklanjuti Peraturan Kementerian Dalam Negeri terhadap pelaksanaan vaksinasi COVID-19 juga telah dikeluarkan surat edaran agar setiap kabupaten dan kota memaksimalkan pelaksanaan vaksin. 

Hal ini diharapkan pemerintah agar pembentukan herd imunity di masyarakat segera tercapai dan pemulihan ekonomi juga kembali pulih. (RL)

Add new comment

Restricted HTML

  • You can align images (data-align="center"), but also videos, blockquotes, and so on.
  • You can caption images (data-caption="Text"), but also videos, blockquotes, and so on.