Beranda Bengkulu Metro TNI Manunggal Membangun Desa, Impian Warga Padang Serai Segera Terwujud

TNI Manunggal Membangun Desa, Impian Warga Padang Serai Segera Terwujud

TNI Manunggal Membangun Desa, Impian Warga Padang Serai Segera Terwujud
istimewa

SIBERKLIK.COM – Kelurahan Padang Serai Kecamatan Kampung Melayu Kota Bengkulu adalah kawasan Kota dengan luas wilayah sekitar 469 Ha yang sebagian besar merupakan dataran rendah, pesisir, dan kawasan rawa yang mencapai 69 hektar dan dihuni 2.585 jiwa.

Kawasan tersebut masih terisolir, sulitnya akses jalan penghubung antar Kelurahan pastinya menjadi keluhan masyarakat. Masyarakat pasti berharap akses jalan penghubung segera dibuka dan pembangunan lainnya dapat terealisasikan.

Harapan tersebut akan segera terwujud melalui program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) yang akan dilaksanakan oleh Komando Distrik Militer (Kodim) 0407 Kota Bengkulu.

Komandan Kodim 0407 Kota Bengkulu Letnan Kolonel Alteleri Medan (Letkol Arm), Yose Rizal Sa’t, M.P. I.C.T di Kodim 0407 Bengkulu, Kamis (27/6/2019) mengatakan TMMD yang akan dilaksanakan pada tanggal 10 Juli sampai 8 Agustus 2019 tersebut bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta memantapkan kesadaran bermasyarakat, berbangsa, bernegara, bela negara dan disiplin nasional.

Pada TMMD ke-105 Kelurahan Padang Serai Kota Bengkulu menjadi tempat kegiatan fisik yang pada intinya membuka akses jalan. Selain sasaran fisik yang memang dianggarkan Pemerintah Kota Bengkulu terdapat sasaran tambahan yaitu rehap Masjid dan rehap jembatan yang ada di Kelurahan tersebut yang sudah lama tidak dipakai.

“Selain sasaran fisik, intinya kita juga ada sasaran non fisik yang ingin kita sampaikan kepada masyarakat,” kata Yose.

Dijelaskan Yose, sasaran non fisik tersebut yaitu memaparkan soal bagaimana berkehidupan bersosialisasi yang baik, bagaimana menjadi warga negara yang baik dan bagaimana menumbuhkan rasa nasionalisme yang akan disampaikan melalui penyuluhan-penyuluhan.

“Nanti ada penyuluhan seperti wawasan kebangsaan, bela negara, penyuluhan hukum, penyuluhan narkoba, tentang pertanian, kesehatan dan masih banyak lainnya,” ungkap Yose.

150 Personil Diterjunkan

Pembukaan jalan yang akan dilakukan, kata Yose, sepanjang 1,3 kilo meter, rehap 2 Masjid, dan rehap lantai dasar jembatan. Jalan yang akan di bangun merupakan jalan evakuasi karena tidak jauh dari situ ada titik kumpul evakuasi. Personil Satuan Tugas (Satgas) yang akan di terjunkan 150 orang.

“Ada juga dari Pemerintahan, dari Polri dan Lanal juga ada. Jalan yang kita bangun akan menghubungkan dua Kelurahan RT 16 Padang Serai dan RT 19 Kelurahan Sumber Jaya,” terang Yose.

Kehadiran TMMD di daerah terisolir tersebut dalam rangka pemerataan pembangunan pedesaan. TMMD milik semua masyarakat, dan diharapkan akan membawa dampak positif bagi masyarakat, sekaligus mewujudkan kebersamaan TNI dengan rakyat.

Diketahui, TMMD adalah salah satu wujud Operasi Bhakti TNI, yang merupakan program terpadu lintas sektoral antara TNI dengan Departemen, Lembaga Pemerintah Non Departemen dan Pemerintah Daerah serta komponen bangsa lainnya.

Artikel ini telah tayang di pedomanbengkulu.com dengan judul Melalui TMMD, Impian Warga Padang Serai Segera Terwujud

Leave a Reply

avatar
254
  Subscribe  
Notify of