Beranda TMMD REG 109 TMMD Hampir Rampung, Terlihat Senyum Bahagia Sekaligus Kesedihan Dari Mbah Denan

TMMD Hampir Rampung, Terlihat Senyum Bahagia Sekaligus Kesedihan Dari Mbah Denan

Purworejo — Senyum kebahagiaan sekaligus kesedihan nampak di raut wajah Mbah Denan (71), kakek tua yang selalu membantu Satgas TMMD Reguler ke-109 Kodim 0708/Purworejo, di Desa Sedayu, Kecamatan Loano, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, Minggu (18/10/2020).

Bahagia karena kini Desa Sedayu sudah memiliki fasilitas jalan yang cukup memadai, sedih karena anggota Satgas TMMD yang selama 1 bulan lamanya bersama akan segera berpisah.

Mbah Denan, kakek yang sudah berangkat uzur ini setiap hari berbaur dengan warga masyarakat lain membantu tim Satgas TMMD mengerjakan akses jalan. Meski kulitnya yang keriput, kerutan di dahi serta tubuhnya yang nampak mulai kurus itu, Mbah Denan justru enggan diam di rumah dan hanya menyaksikan warga lain serta tim Satgas bekerja. Mbah Denan menyatakan tekad untuk ikut dan berbaur. Lelaki renta inipun datang sembari membawa cangkul. Lalu mengayunkan cangkulnya mengisi kereta dorong (arco) dengan material yang digunakan membangun akses jalan.

Sejumlah prajurit TNI yang membujuknya untuk tidak ikut serta atau memintanya agar beristirahat justru beberapakali membuat Mbah Denan merajuk. Keinginannya untuk bersama dan manunggal bersama TNI begitu kuat, sekuat tenaganya kendati sudah berumur.

” Senang dan sangat senang. Itu perasaan saya kalo ditanya bagaimana kondisi saya. Saya bisa bantu bapak-bapak tentara ini seperti warga yang lain, sangat senang. Saya masih cukup punya tenaga. Saya masih mampu dan kuat. Ketika bapak-bapak tentara datang dan peduli kepada desa saya, dimana desa ini adalah tanah kelahiran saya, maka sebagai ungkapan wujud terimakasih saya kepada bapak tentara adalah berbaur menjadi satu dengan tentara yang sedang membangun desa saya ini, ” terang Mbah Denan.

Terpisah, Dansatgas TMMD Reguler ke-109 Kodim 0708/Purworejo, Letkol Inf Lukman Hakim, S.Sos. M.Si. menjelaskan, bahwa apa yang dilakukan Mbah Denan merupakan tekad dan keinginan yang kuat dari pribadinya. Ia bahkan merasa salut dan bangga, sekaligus merasa terhormat dengan kehadiran Mbah Denan ditengah-tengah anggota prajuritnya.

” Mbah Denan, yah Mbah Denan menjadi warna dalam kegiatan TMMD Reguler Kodim 0708/Purworejo kali ini. Sejak hari pertama kami bekerja, Mbah Denan ada di tengah kami, berbaur bersama kami. Mencangkul, meratakan tanah, menata batu material. Kami berulangkali tak mampu mencegah dan membujuknya untuk tidak ambil bagian, mengingat usia dan kesehatannya. Tapi, itulah Mbah Denan. Semangat dan tekad beliau menjadi sebuah kehormatan bagi kami prajurit Satgas TMMD, ” ungkap Letkol Inf Lukman Hakim.

(Pendim 0708/Purworejo)

Leave a Reply

avatar
254
  Subscribe  
Notify of