Beranda News Tips Aman dan Nyaman Mudik Lebaran Pengendara Sepeda Motor

Tips Aman dan Nyaman Mudik Lebaran Pengendara Sepeda Motor

Tips Aman dan Nyaman Mudik Lebaran Pengendara Sepeda Motor
Tips Aman dan Nyaman Mudik Lebaran Pengendara Sepeda Motor

SIBERKLIK.COM – Momen libur panjang Lebaran merupakan waktu yang tepat untuk kumpul bersama keluarga besar. Tradisi mudik sudah menjadi kebiasaan masyarakat di Indonesia menjelang perayaan Idul Fitri karena memiliki waktu libur kerja yang panjang.

Mudik sebenarnya bertujuan untuk bersilaturahmi tetapi tidak jarang digunakan untuk sekedar jalan-jalan ke tempat wisata di kampung halaman tercinta.

Beragam cara dan sarana transportasi dapat dipilih untuk menuju kampung halaman, salah satunya dengan kendaraan pribadi, khususnya Sepeda Motor.

Sepeda motor masih menjadi salah satu alternatif kendaraan yang dipilih oleh sebagian pemudik untuk menuju kampung halaman, khususnya buat mereka yang menempuh perjalanan di rute perjalanan pendek.

Karakteristik sepeda motor membuat perjalanan fleksibel selain juga praktis.

Untuk mudik dengan sepeda motor, selain kondisi fisik yang harus dipersiapkan dengan baik oleh pemudik, akan tetapi sangat disarankan juga untuk mempersiapkan kendaraan dengan baik.

Berikut diantaranya:

1. Sebelum memulai perjalanan mudik, cek secara menyeluruh kondisi motor yang akan digunakan maksimal sepekan sebelum digunakan agar dapat melakukan adaptasi dengan kondisi kendaraan yang baru.

Jangan lupa untuk memperhatikan beberapa bagian penting seperti kaca spion, sistem kelistrikan, lampu-lampu, rem, dan penggerak berfungsi dengan baik.

2. Siapkan perlengkapan berkendara agar perjalanan aman dan nyaman seperti helm, sarung tangan, jaket, masker, celana panjang, sepatu. Siapkan pula jas hujan dengan warna yang mencolok.

3. Waspada saat berkendara, perhatikan keadaan depan, belakang, kanan, dan kiri kendaraan dengan selalu memperhatikan jarak antara kendaraan baik di depan maupun belakang.

4. Disarankan sudah menyiapkan jalur alternatif serta tidak membawa barang berlebih agar keseimbangan kendaraan tetap terjaga.

5. Tentukan lokasi rest area (tempat istirahat) di sepanjang perjalanan. Jika pengemudi sudah merasa lelah atau mengantuk sebaiknya berhenti di rest area untuk beristirahat. Sembari beristirahat lakukan pengecekan terhadap beberapa bagian penting di motor.

6. Jangan lupa siapkan surat-surat penting yang dibutuhkan, kelengkapan alat untuk saat-saat emergency, serta peralatan P3K agar selalu siap sedia di perjalanan mudik, sehingga mudik berjalan lancar dan menjadi momen membahagiakan bersama orang tersayang saat Lebaran. (rl)

Leave a Reply

avatar
254
  Subscribe  
Notify of