Beranda Bengkulu Metro Sosialisasi Penerapan eRKAM untuk Akuntabilitas Dana BOS

Sosialisasi Penerapan eRKAM untuk Akuntabilitas Dana BOS

Konsultan Bank Dunia Gogot (kanan) saat memberikan materi tentang eRKAM dalam pengelolaan dana BOS di sekolah madrasah. foto : rifki siberklik.

SIBERKLIK.COM – Selain kegiatan Kompetisi Sains Madrasah (KSM) yang sedang berlangsung di Provinsi Bengkulu, Kementerian Agama juga menggelar kegiatan sosialisasi penerapan Elektronik Rencana Kegiatan Anggaran Madrasah (eRKAM) untuk akuntabilitas dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) di Gedung Asrama Haji lantai 4 Provinsi Bengkulu, Rabu (26/9). Kegiatan ini menghadirkan narasumber dari konsultan  Bank Dunia (World Bank) dan dihadiri oleh Kepala Madrasah, Guru Madrasah se Indonesia yang hadir pada saat kegiatan KSM ini.

“eRKAM itu adalah sebagai kewajiban sekolah untuk membuat perencanaan dan penganggaran dalam menggunakan dana yang yang dipeloreh salah satunya dalah BOS. Ini harus direncanakan dalam bentuk eRKAM itu tadi. Ini yang kita sosialisasikan adalah membuat eRKAM dalam bentuk elektronik sistem yang terpusat. Jadi seluruh Indonesia bisa seragam,” terang Gogot selaku narasumber dari Konsultan Bank Dunia.

Gogot juga mengatakan bahwa di Kementerian Agama RI tidak pernah mendapat rekap kegiatan sekolah. Kegiatannya itu kegiatan eRKAM bukan kegiatan sekolah. “Seharusnya kegiatan sekolah yang penting untuk dilakukan analisa kegiatannya apa dana BOS nya tadi itu bisa termanfaatkan benar untuk sekolah.  Nah itu harus di ukur dan mengukurnya dengan menggunakan eRKAM,” lanjutnya menerangkan.

Manfaat dari eRKAM ini sendiri pihak sekolah mempunyai data perencanaan, dasar perencanaan, kemudian dasar anggaran untuk pelaksanaan BOS. “Karena kegiatannya lebih detail dan itu direncanakan bersama-sama di sekolah atau madrasah,” katanya. (rfky)

Bagikan Berita ini kepada Temanmu


Seberapa Bagus Berita ini ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid

Leave a Reply

avatar
254
  Subscribe  
Notify of