Beranda Bengkulu Metro Soal SK 267, ESDM Provinsi Bengkulu Dituding Lakukan Blunder

Soal SK 267, ESDM Provinsi Bengkulu Dituding Lakukan Blunder

Inilah surat keterangan dari Pemkab Benteng yang mengaku belum menemukan surat asli dari SK 267
Inilah surat keterangan dari Pemkab Benteng yang mengaku belum menemukan surat asli dari SK 267

SIBERKLIK.COM – Pihak ESDM Provinsi Bengkulu dinilai telah melakukan blunder soal penggunaan SK 267 terkait kisruh tambang PT BMQ.

Sebab SK 267 yang menjadi pegangan ESDM Provinsi Bengkulu tu tidak pernah dikeluar oleh pihak Pemkab Benteng.

Hal ini tertuang dalam surat yang dikeluarkan oleh pihak Pemkab Benteng pada tanggal 9 Mei 2019 lalu ditandatangani oleh Pjs Sekda Benteng, Edy Hermansyah.

Keluarnya surat ini berawal dari komplain pihak PT Bara Mega Quantum (BMQ) versi Nurul Awaliyah terkait keluarnya SK 267 tahun 2011 yang menyetujui perubahan susunan direksi dan pemegang saham PT BMQ ke tangan Dinmar Najamuddin.

SK 267 ini jugalah yang menjadi dasar pihak ESDM Provinsi Bengkulu memberikan izin tambang bagi PT BMQ versi Dinmar.

“Kita dapat surat balasan dari Sekda Benteng yang menjelaskan bahwa surat asli dari SK 267 yang dimaksud belum ditemukan,” ungkap GM PT. BMQ versi Nurul Awaliyah, Eka Nurdianty.

“Ini artinya SK 267 itu tidak pernah ada serta tidak teregister dan terverifikasi di bagian hukum Pemkab Benteng. Bahkan pihak Ditjen Minerba RI tidak pernah menerima surat SK 267 tersebut,”

Lebih jauh Eka menjelaskan bahwa SK 267 ini sejatinya juga tidak pernah ada dalam berita acara rekonsiliasi antara PT BMQ, ESDM Provinsi Bengkulu yang diprakarsai oleh KPK-RI pada tahun 2016 lalu.

Bahkan SK 267 juga tidak pernah ada dalam berita acara serah terima dari ESDM Pemkab Benteng ke ESDM Provinsi Bengkulu juga pada tahun 2016.

Eka juga menegaskan bahwa pihak ESDM Provinsi Bengkulu telah melakukan blunder dengan tetap berpegangan pada SK 267 itu.

“Ini artinya pihak ESDM Provinsi Bengkulu telah melegalisasi sesuatu yang ilegal,” tegasnya.

Sementara itu Kadis ESDM Provinsi Bengkulu Ahyan Endu saat dikonfirmasi belum memberi keterangan resmi soal SK 267 yang dianggap ilegal tersebut.

Hingga berita ini ditayangkan WA terkait permintaan konfirmasi belum dibalas. (MS)

Leave a Reply

avatar
254
  Subscribe  
Notify of