Beranda Bengkulu Metro Soal Penundaan Kredit, OJK Imbau Nasabah Aktif Berkoordinasi dengan Pihak Bank/Leasing

Soal Penundaan Kredit, OJK Imbau Nasabah Aktif Berkoordinasi dengan Pihak Bank/Leasing

Yusri, Kepala OJK Provinsi Bengkulu.
Yusri, Kepala OJK Provinsi Bengkulu.

SIBERKLIK.COM – Terkait penundaan pembayaran kredit atas penanganan wabah virus corona, OJK telah mengeluarkan POJK No: 11 Tahun 2020.

Untuk lebih jelas terkait teknis penundaan tersebut OJK meminta nasabah untuk aktif berkoordinasi dengan pihak bank atau leasing.

Hal ini diungkapkan oleh Kepala OJK Provinsi Bengkulu Yusri terkait masih banyaknya masyarakat yang belum memahami secara utuh terkait kebijakan pemerintah yang dituangkan dalam POJK No 11 Tahun 2020.

“Untuk lebih jelasnya terkait kebijakan POJK ini diminta masyarakat atau nasabah untuk berkoordinasi dengan pihak bank/leasing untuk mendapat penjelasan lebih lengkap,” imbau Yusri saat menggelar konferensi pers terkait POJK No: 11 Tahun 2020.

Dijelaskan Yusri, implementasi dari penundaan pembayaran kredit itu dilakukan dalam bentuk restrukturisasi kredit.

Dimana penilaian atas restrukturisasi itu dilakukan oleh pihak bank/leasing yang mengacu pada POJK yang telah ada.

“Nanti pihak bank/leasing yang akan menentukan skema restrukturisasi seperti apa yang diberikan kepada nasabah terkait penanganan wabah virus corona,” ujarnya.

Yusri mengatakan OJK mendukung penuh imbauan pemerintah untuk membantu masyarakat kecil yang terdampak langsung atau tidak langsung atas wabah virus corona.

Hanya saja tidak semua nasabah yang mendapatkan fasilitas tersebut. Hanya nasabah yang betul-betul terdampak yang mendapatkan.

“Memang penundaan itu sampai satu tahun. Namun bisa jadi setelah dilakukan penilaian oleh pihak bank/leasing hanya sampai 3 atau 6 bulan, nasabag sudah punya kemampuan untuk membayar,” jelasnya.

Untuk itu Yusri mengimbau agar nasabah aktif untuk melakukan koordinasi dengan pihak bank/leasing.

“Bagi basabah yang setelah dinilai oleh pihak bank/leasing benar-benar terdampak maka tidak menutup kemungkinan akan diberikan penundaan pembayaran kreditnya,” pungkasnya. (AK)

Leave a Reply

avatar
254
  Subscribe  
Notify of