Beranda POLHUM Hukum Sidang Sengketa Hasil Pilpres 2019 di Mahkamah Konstitusi Akhirnya Selesai

Sidang Sengketa Hasil Pilpres 2019 di Mahkamah Konstitusi Akhirnya Selesai

Sidang Sengketa Hasil Pilpres 2019 di Mahkamah Konstitusi Akhirnya Selesai
Foto Istimewa

SIBERKLIK.COM – Sidang sengketa hasil Pilpres 2019 di Mahkamah Konstitusi (MK), Jakarta Pusat tak setegang yang dibayangkan.

Hal tersebut terekam setelah agenda pembacaan keterangan saksi dari pihak Jokowi-Ma’ruf Amin dan Bawaslu selaku pihak terkait pada Jumat (21/6/2019) malam.

Agenda hari ini pun menutup rangkaian persidangan dengan jadwal pembacaan keterangan saksi baik dari pihak Prabowo-Sandi, KPU RI maupun pihak terkait.

Saat Hakim Ketua MK, Anwar Usman mengetok palu tanda berakhirnya sidang semua pihak yang bersengketa dalam ruangan saling bersalaman.

Saat itu terdengar ajakan untuk foto bersama.

Tak ayal momen tersebut ditanggapi positif oleh semua pihak dengan mengambil posisi.

Ketua KPU RI Arief Budiman, pendamping tim hukum 01 Arsul Sani bersama anggota tim hukum 01 Ade Irfan Pulungan, dan Arteria Dahlan tampak duduk di atas karpet.

Sementara Ketua Tim Hukum Prabowo-Sandi, Bambang Widjojanto beserta anggotanya seperti Denny Indrayana dan Teuku Nasrullah beserta Komisioner KPU RI Ilham Saputra tampak berdiri.

Senyum pun terpancar dari semua orang yang ada di situ saat kebersamaan mereka terekam.

Setelah ini pada tanggal 24 Juni 2019 akan digelar sidang terakhir untuk melengkapi kekurangan-kekurangan yang dibutuhkan.

Dilanjutkan dengan rapat permusyawaratan hakim (RPH) secara tertutup pada 25 hingga 27 2019.

Dan putusan akan dibacakan pada 28 Juni 2019 atau tepat Jumat pekan depan.

Sidang Ditutup

Sidang pada Jumat (21/6/2019) ini, ditutup setelah mendengarkan keterangan dua orang saksi dan dua orang ahli.

Sidang ditutup sekitar pukul 22.00 WIB.

“Saya terus terang merasa terharu dan terima kasih suasana persidangan luar biasa, ditonton semua rakyat Indonesia. Bagaimana kekeluargaan terbentuk di sini kedekatan yang luar biasa,” kata Anwar Usman.

Menurut dia, hakim konstitusi berupaya mencari kebenaran dan keadilan di perkara PHPU Presiden-Wakil Presiden.

Sehingga, sempat menggelar persidangan sampai pukul 05.00 WIB, pada hari Kamis kemarin.

Sidang digelar mulai dari Rabu pukul 09.00 WIB sampai Kamis pukul 05.00 WIB itu beragenda mendengarkan keterangan saksi dan ahli yang diajukan pihak pemohon atau dalam hal ini tim kuasa hukum Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

“Sejak kemarin dan yang saya hormati Profesor Yusril yang saya paksa sidang sampai jam 5. Tujuannya seperti yang saya katakan, kita mencari kebenaran dan mencari keadilan,” kata dia.

Setelah persidangan beragenda pemeriksaan saksi dan ahli serta pengajuan barang bukti, hakim konstitusi akan menggelar rapat permusyawaratan hakim (RPH).

Sebelum akhirnya akan memutuskan perkara PHPU Presiden-Wakil Presiden, pada Jumat 28 Juni 2019.

“Kami habis selesai sidang ini, kami akan berdebat dari apa yang bapak suguhkan di hadapan kami. Memang sangat berat ya,” kata dia.

Setelah memberikan kata penutup, Anwar menyatakan pemeriksaan perkara telah selesai.

“Pemeriksaan perkara ini telah selesai. Yaitu perkara nomor 1/PHPU/17/2019 telah selesai dan kepada para pihak pemohon, termohon dan pihak terkait, Bawaslu. Untuk agenda selanjutnya nanti akan diberitahu kepaniteraan melalui surat. Untuk pengucapan putusan,”

“Sudah selesai ya dan tidak ada lagi hal-hal yang tersisa, dengan demikian sidang selesai dan ditutup,” katanya.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Sidang Selesai, Tim Hukum 01 dan 02 Foto Bersama, Senyum dan Tawa Membahana di Ruang Sidang MK

Leave a Reply

avatar
254
  Subscribe  
Notify of