Beranda Bengkulu Metro Sepenggal Kisah Inspiratif Mahasiswa Penerima Beasiswa Bidikmisi Unib yang Go Internasional

Sepenggal Kisah Inspiratif Mahasiswa Penerima Beasiswa Bidikmisi Unib yang Go Internasional

Lenti Valentina saat berada di Bangkok, Thailand.

SIBERKLIK.COM – Program beasiswa Bidikmisi adalah program bantuan biaya pendidikan yang diberikan Pemerintah melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mulai tahun 2010 kepada mahasiswa yang memiliki potensi akademik memadai dan kurang mampu secara ekonomi.

Lenti Valentina dalah salah satu mahasiswa semester 7 penerima beasiswa Bidikmisi dari Prodi Agroekoteknologi Universitas Bengkulu. Bidikmisi telah menjadi program beasiswa pemerintah yang diincar banyak calon mahasiswa Indonesia. Para penerimanya pun dikenal gigih dalam mencetak beragam prestasi.

“Kalu cerita tentang latar belakang saya waktu kecil dulu sampai sekarang ekonomi keluarga jauh dari kata cukup dan sangat kekurangan, SD saya termasuk bukan anak yang pintar karena semasa itu belum terlalu mengerti dengan namanya prestasi bahkan di raport pun banyak nilai berwarna merah, tetapi memasuki kelas 4-6 sudah mulai meningkat dan mendapatkan juara kelas, lanjut Sekolah Menengah Pertama (SMP) saya pernah bantu orang tua ke sawah ambil kelapa untuk dijual yang nantinya untuk ongkos dan jajan,” terang Lenti.

Lenti semasa Sekolah Menengah Atas (SMA) mendapatan beasiswa untuk keluarga kurang mampu, dengan kecintaan terhadap pelajaran Biologi sehingga memutuskan untuk lanjut kuliah di Universitas Bengkulu dengan Jurusan Agroekoteknologi dan juga mendapatkan Beasiswa Bidikmisi dari Ditjen Dikti.

“Karena di SMA sudah mendalami Biologi jadi saya pengen lebih ke penerpan karena ada hal yang saya yakini karena bahwasanya suatu Negara tidak akan pernah maju Pertaniannya yang maju, ambil contoh di Australia, Jepang mereka maju dan pertaniannya juga maju jadi Indonesia kalu mau maju Pertaniannya juga harus maju juga,” ungkapnya.

Kepada Siberklik.com Lenti mengatakan ketika dia mendapatkan beasiswa malah merasa menjadi beban, beban itu dalam hal harus ada yang kita berikan dan juga kenapa sih orang itu membiayai kita dia itu ada investasi jangan sampai ketika dikasih beasiswa dapat uang dan lainnya apalagi itu dari Negara tidak digunakan sebaik-baiknya dan tidak memberikan apapun apalagi sampai Bidikmisi dicabut karena prestasi akademik yang meurun ini kan sangat di sayangkan sekali.

Sementara itu Lenti terus momotivasi diri untuk terus berperestasi salah satunya adalah lolos dalam program pertukaran mahasiswa ke luar negeri yang dilaksanakan Unit Pelaksana Teknis Kerja Sama dan Layanan Internasional (UPT KSLI) UNIB tahun 2017 ke Thailand. Saat ini juga akan magang di Thailand selama 6 bulan untuk penelitian Bioteknologi untuk tananam Nanas juga sebagai bahan skripsi nantinya.

“Kalu bagi Saya Keterbaasan bukanlah penghambat ataupun penghalang tetapi itu adalah batu loncatan ada alasan kita meraih mimpi-mimpi bahwasana ekonomi bukanya penghambat untuk menjadi sukses bagi ereka yang au dan terus berusaha,” tutupnya. (rfky)

Leave a Reply

avatar
254
  Subscribe  
Notify of