Beranda Kodim 0727 Karanganyar Satgas TMMD Hadiri Acara Slup-Slupan Dalam Hajat Menempati Rumah Baru

Satgas TMMD Hadiri Acara Slup-Slupan Dalam Hajat Menempati Rumah Baru

KARANGANYAR – Anggota Satgas TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler Ke-109 Kodim 0727/Karanganyar, di Desa Jatiwarno, Kecamatan Jatipuro, Kabupaten Karanganyar, menghadiri acara slup-slupan atau selamatan menempati rumah baru.

Hal itu terlihat saat anggota Satgas TMMD Reguler Ke-109 Kodim 0727/Karanganyar, Koptu Nursetyo usai melaksanakan Sholat Magrib bersama warga setempat langsung berangkat menghadiri undangan syukuran Slup slupan menempati rumah baru Bapak Samidin di Dusun Pucangsari, Desa Jatiwarno.

Di rumah baru Pak Samidin, anggota Satgas TMMD bersama warga dalam suasana penuh keakraban saat bincang santai yang diselingi senda gurau sambil menikmati hidangan yang disajikan.

Menurut Koptu Nursetyo, dengan menghadiri acara slup-slupan diharapkan dapat membangun kebersamaan dan kekompakan dengan warga masyarakat Desa Jatiwarno, Kecamatan Jatipuro, Kabupaten Karanganyar.

Seperti diketahui slup-slupan merupakan tradisi selamatan rumah baru. Tradisi ini dilakukan ketika pemilik rumah akan menempati rumah yang baru selesai dibangun atau dibelinya. Tradisi ini sebagai bentuk rasa syukur atas nikmat yang mereka peroleh.

Prosesi selamatan ini dimulai dengan mengundang keluarga besar dan tetangga sekitar, biasanya satu dusun. Setelah tamu undangan hadir, ubarampe berupa nasi gurih beserta pelengkapnya diletakkan di tengah undangan, kemudian didoakan. Setelah itu dibagi untuk dimakan bersama-sama. (hm/0727)

Leave a Reply

avatar
254
  Subscribe  
Notify of