Beranda Ekonomi Rupiah Menguat, Tinggalkan Rp 15 Ribu per Dolar AS

Rupiah Menguat, Tinggalkan Rp 15 Ribu per Dolar AS

Ilustrasi : ist

SIBERKLIK.COM – Rupiah kini berada di atas angin. Bisa jadi ini libur akhir pekan yang dapat melelah penat.

Ya, mata uang Garuda berjaya di sesi perdagangan Jum’at (2/11) hari ini. Rupiah menguat sebanyak 172 poin atas dolar AS.

Penguatan ini penting karena rupiah mampu beranjak dan meninggalkan zona Rp 15 ribu. Di sesi perdagangan sore ini rupiah ditutup menguat Rp 14.955 per dolar AS. Sebelumnya rupiah berada di level Rp 15.200.

Dalam sepekan ini penguatan rupiah begitu dinamis. Hal ini jugalah yang membuat mata uang Garuda menempati posisi kedua di kawasan Asia. Rupiah hanya kalah dari won Korea Selatan yang menguat hingga 1,43 persen.

Setelah rupiah, rupee India menguat 1,01 persen, renminbi China 0,38 persen, ringgit Malaysia 0,32 persen, peso Filipina 0,27 persen, dolar Singapura 0,2 persen, dan baht Thailand 0,17 persen. Hanya yen Jepang dan dolar Hong Kong yang melemah dari mata uang Negeri Paman Sam, masing-masing minus 0,16 persen dan 0,02 persen.

Sedangkan mata uang utama negara maju, semuanya kompak bersandar di zona hijau. Dolar Australia menguat 0,35 persen, dolar Kanada 0,22 persen, euro Eropa 0,21 persen, poundsterling Inggris 0,18 persen, franc Swiss 0,15 persen, dan rubel Rusia 0,14 persen.

Dikutip dari laman CNNIndonesia.com, Analis Monex Investindo Dini Nurhadi Yasyi mengatakan penguatan rupiah bersama mayoritas mata uang di kawasan Asia terjadi karena ada sinyal positif dari meredanya ketegangan perang dagang antara AS dengan China.

Sinyal tersebut menguat paska Presiden AS Donald Trump dan Presiden China Xi Jinping berkomunikasi dan berniat mencari solusi terbaik untuk menyelesaikan sengketa dagang negara mereka.

“Ini memberi sentimen ke pasar kalau mungkin ada upaya kalau kedua pimpinan negara itu ingin meredakan ketegangan hubungan dagang mereka, sehingga membuat rupiah menguat,” ujarnya kepada CNNIndonesia.com, Jumat (2/11).

Lebih lanjut, sinyal positif dari perdamaian dagang antara AS-China juga turut membuat pergerakan pasar saham di bursa Asia ikut menguat. (rl)

Leave a Reply

avatar
254
  Subscribe  
Notify of