Beranda Ekonomi Rupiah Makin PeDe, Tembus Rp 13 Ribuan per Dolar AS

Rupiah Makin PeDe, Tembus Rp 13 Ribuan per Dolar AS

ilustrasi : net

SIBERKLIK.COM – Awal pekan ini rupiah semakin PeDe. Pada sesi perdagangan hari ini dolar AS dibuat tak berdaya.

Bahkan, mata uang Garuda ini sempat menumbus angka Rp 13 ribuan per dolar AS. Tepatnya diangka Rp 13.990 per dolar AS jelang siang hari.

Sebelumnya pada sesi penutupan perdagangan Jum’at (4/1) rupiah berada di level Rp 14.270 per dolar AS. Pada pembukaan perdagangan Senin (7/1) pagi rupiah dibuka menguat di level 14.178 per dolar AS. Rupiah mengalami penguatan 92 poin atau 0,65%.

Penguatan rupiah ini juga adalah yang tertinggi di kawasan Asia. Kemudian diikuti won Korea Selatan yang menguat 0,52%, ringgit Malaysia 0,3%, peso Filipina 0,19%, yen Jepang 0,03%, dolar Singapura 0,02%, dolar Hong Kong 0,02%, dan baht Thailand 0,01%.

Sejumlah analis menilai polemik yang terjadi antara Presiden AS, Donald Trump dengan Gubernur Bank Sentra AS, Jerome Powel disebut-sebut sebagai salah satu penyebab menguatanya rupiah. Bahkan termasuk sejumlah negara-negara maju.

Diketahui Trump sangat ingin memecat Gubernur The Fed, Powel untuk hengkang dari kursi jabatannya. Trump menilai Powel tak bisa lagi searah dengan kebijakan ekonomi yang dilakukan Trump.

Namun Powel tak begeming. Bahkan ia berkeras untuk tidak akan turun dari kursi jabatannya sebagai Gubuenur Bank Sentral AS, atau The Fed.

Selain itu, kondisi ekonomi makro Indonesia yang relatif stabil juga menjadi pendorong menguatnya rupiah atas dolar AS. (AK)

Leave a Reply

avatar
254
  Subscribe  
Notify of