Beranda Ekonomi Pekan Ini Harga Emas Makin Berkilau

Pekan Ini Harga Emas Makin Berkilau

Pekan Ini Harga Emas Makin Berkilau
Pekan Ini Harga Emas Makin Berkilau

SIBERKLIK.COM – Performa harga emas yang naik pada minggu lalu diprediksi masih terus berlanjut di pekan ini. Seperti diketahui, minggu sebelumnya harga emas berhasil menyentuh level psikologis, yakni USD 1.300.

Dilansir dari FX Empire, harga emas diprediksi naik ke level USD 1.325 pada pekan ini. Membaiknya harga emas juga dipengaruhi oleh kebijakan Bank Sentral Amerika Serikat (AS) atau The Fed.

The Fed baru-baru ini mengumumkan kebijakan mereka yang wait-and-see. Inilah yang turut menjadi pendorong membaiknya harga emas pekan depan.

Dalam pidatonya di Universitas Stanford pada Jumat, 8 Maret 2019, Gubernur The Fed Jerome Powell menegaskan bahwa Bank Sentral AS sedang berpegang pada kebijakan wait-and-see dalam perkara suku bunga. Menurutnya, tidak ada alasan urgent yang mengharuskan segera mengubah kebijakan.

“Komite telah mengadopsi pendekatan yang sabar serta wait-and-see,” ujar Powell seperti dikutip Reuters.

Lebih lanjut, FX Empire menjelaskan, apabila Bank Sentral AS justru memilih memangkas suku bunga, maka harga emas pun dapat semakin tinggi.

Skenario terburuk adalah emas turun ke level USD 1.275, karena berpotensi membuka jalan turun ke level USD 1.250. Namun, kemungkinan hal itu terjadi dipandang masih minim.

Harga emas PT Aneka Tambang Tbk (Antam) atau harga emas Antammelonjak Rp 4.500 menjadi Rp 660.000 per gram pada perdagangan Sabtu, 9 Maret 2019. Pada perdagangan kemarin, harga emas Antam di posisi Rp 655.500 per gram.

Demikian juga harga pembelian kembali emas Antam atau buyback emas Antam naik Rp 4.000 menjadi Rp 587 ribu per gram. Harga buyback ini adalah jika Anda menjual emas, Antam akan membelinya di harga Rp 587 ribu per gram.

Antam menjual emas dengan ukuran mulai 0,5 gram hingga 1.000 gram. Hingga pukul 08.03 WIB, sebagian besar emas Antam masih tersedia.

Harga emas Antam ini berlaku di kantor Antam Pulogadung, Jakarta. Untuk harga emas antam di gerai penjualan lain bisa berbeda.

Sementara itu, untuk harga emas Antam bercorak batik dengan ukuran 10 gram ditetapkan Rp 6.840.000. Untuk ukuran 20 gram di posisi Rp 13.130.000.

Harga emas Antam sudah termasuk PPh 22 sebesar 0,9 persen. Sertakan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) untuk memperoleh potongan pajak lebih rendah (0,45 persen). (rl)


Leave a Reply

avatar
254
  Subscribe  
Notify of