Beranda Headline Pasien Sembuh Covid-19 Sumsel Bertambah 34 Orang

Pasien Sembuh Covid-19 Sumsel Bertambah 34 Orang

Foto Ilustrasi
Foto Ilustrasi

#Disiplin Protokol Kesehatan Dapat Turunkan Resiko Tertular Covid-19

SIBERKLIK. COM, PALEMBANG – Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 dr Iche Andriani Liberty mengatakan, disiplin dalam penerapan protokol kesehatan merupakan langkah efektif dalam menurunkan resiko tertularnya covid-19.

Hal itu disampaikannya dalam laporan perkembangan covid-19 ke sejumlah awak media melalui virtual di Command Centre Setda Provinsi Sumsel, Sabtu (4/6) petang.

Menurutnya, berdasarkan penelitian, protokol kesehatan seperti mencuci tangan, jaga jarak dan menggunakan masker dapat menurunkan resiko tertutarnya covid-19. Dimana jika mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir 6 sampai 10 kali sehari dapat menurunkan resiko tertular hingga 34 persen. Sementara penggunaan masker di setiap aktivitas dapat menurunkan resiko tertular hingga 44 persen. Sedangkan jaga jarak 1 meter hingga 2 meter dapat menurun resiko tertular hingga 85 persen.

“Penularan covid-19 ini dari orang ke orang. Oleh sebab itulah kami menghimbau agar masyarakat disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan seperti mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir sesering mungkin, menggunakan masker dan jaga jarak. Itu merupakan langkah yang cukup efektif dalam menurunkan resiko tertular,” kata Iche.

Selain itu, dia menjelaskan, saat ini pihaknya juga terus melakukan upaya tracking dan tracing terhadap masyarakat berisiko tinggi terpapar covid-19 tetap efektif dilakukan.

Bahkan, saat ini langkah tersebut semakin masih dilakukan agar penyebaran wabah tersebut cepat diketahui.

“Tentu efektif dan masif kita lakukan. Apalagi kita didukung dengan laboratorium yang memadai, tentu hasil pemeriksaan terhadap ODP, PDP dan OTG yang didapat dari tracking dan tracing itu lebih cepar diketahui,” kata Iche saat merilis perkembangan covid-19 melalui virtual di Command Centre Setda Provinsi Sumsel, Sabtu (4/6) petang.

Hanya saja, lanjutnya, hal itu juga harus didorong dengan kesadaran masyarakat. Dimana masyarakat, harus segera melaporkan diri jika merasa berpotensi tertular covid-19 sehingga upaya penanganannya bisa lebih cepat dilakukan. Selain itu, hal tersebut juga guna meminimalisir meluasnya penyebaran.

“Dengan begitu, penyebaran covid-19 ini dapat dicegah. Dan mendorong peningkatan angka kesembuhan,” jelasnya.

Diketahui, saat ini jumlah pasien covid-19 di Sumsel yang sembuh sudah mencapai 1147 orang.

“Hari ini ada 34 penambahan sembuh. Palembang 16 orang, Banyuasin 10 orang, Ogan Komering Ilir 3 orang dan Muara Enim 5 orang. Sementara untuk kasus meninggal dunia hari ini nihil,” terangnya.

Sementara untuk kasus positif, juga terjadi penambahan. Sedikitnya ada 49 kasus yang terkonfirmasi hari ini. Rinciannya, dari Palembang 26 orang, Banyuasin 3 orang, Ogan Ilir 1 orang, Lahat 2 orang, Muara Enim 17 orang. Sedangka Orang Dalam Pemantauan tercatat sebanyak 8797 orang. Selesai pemantauan 7202 orang dan masih dalam pemantauan 1590. Lalu Pasien Dalam Pengawasan sebanyak 1036 orang dengan rincian 714 orang selesai dan 322 orang masih proses pengawasan. (OK/RL)

Leave a Reply

avatar
254
  Subscribe  
Notify of