Beranda Bengkulu Metro Pagu Belanja APBN Menurun, Realisasi Pajak Tumbuh

Pagu Belanja APBN Menurun, Realisasi Pajak Tumbuh

Kepala Kanwil DJPb Bengkulu Ismed Saputra (kiri) didampingi Kepala KPP Pratama Bengkulu Raden Agus (kanan) saat penyampaian Realisasi Kinerja APBN bulan April 2020.
Kepala Kanwil DJPb Bengkulu Ismed Saputra (kiri) didampingi Kepala KPP Pratama Bengkulu Raden Agus (kanan) saat penyampaian Realisasi Kinerja APBN bulan April 2020.

SIBERKLIK.COM – Pagu belanja sejumlah kantor perwakilan dan lembaga (K/L) di Provinsi Bengkulu mengalami penurunan dibanding tahun sebelumnya.

Sementara realisasi pajak yang dikumpulkan hingga April 2020 mengalami pertumbuhan dibanding tahun lalu bulan yang sama.

Hal ini terungkap saat penyampaikan Kinerja Pelaksanaan APBN periode April 2020 oleh Kanwil Ditjen Perbedaharaan (DJPb) Provinsi Bengkulu.

Dijelaskan Kepala Kanwil DJPb Bengkulu Ismed Saputra penuran pagu belanja itu dari Rp 4,9 T menjadi Rp 4,4 T. Mengalami penurunan sekitar Rp 500 miliar.

“Kendati menurun realisasi belanjanya higga April 2020 sama dengan realisasi April 2019, yakni diangka 19%,” jelasnya.

Kendati pagu mengalami penurunan namun kinerja dari sektor pendapatan negara mengalami peningkatan.

Terutama dalam pengumpulan pajak penghasilan. Hingga April 2020 ini realisasi pajak penghasilan yang dikumpulkan sebesar Rp 441,6 M.

Sedangkan pada bulan yang sama tahun sebelumnya, pajak penghasilan yang berhasil dikumpulkan sebesar Rp 367,98 M.

Kenaikan ini terang Ismed karena tingginya partisipasi dan kesadaran masyarakat akan pembayaran dan pelaporan pajak.

Sementara itu untuk realisasi PNPB mengalami penurunan. Dari Rp 146,34 M di tahun 2019 menjadi Rp 136,45 M pada tahun 2020 di bulan yang sama. (AK)

Leave a Reply

avatar
254
  Subscribe  
Notify of