Beranda Life Style Hiburan Murmansk, Kota Rusia yang Berpuasa Ramadhan 20 Jam Sehari

Murmansk, Kota Rusia yang Berpuasa Ramadhan 20 Jam Sehari

foto by Kumparan

SIBERKLIK.COM – Lamanya waktu berpuasa Ramadhan di seluruh dunia berbeda tergantung lokasi geografis sebuah kota atau negara. Ada yang hanya 11 jam sehari, ada yang mencapai lebih dari 20 jam.

Waktu terlama berpuasa terjadi di kota Murmansk, Rusia, seperti diberitakan Gulf News. Di kota ini, jangka waktu matahari tenggelam hingga terbit lagi hanya sekitar tiga jam.

Matahari terbenam sekitar pukul 22.00, waktu berbuka puasa. Lalu sekitar pukul 1.40 matahari kembali terbit, menandakan waktu mulai puasa. Artinya, Puasa di kota Murmansk tahun ini berlangsung sekitar 20 jam 45 menit.

Murmansk, Kota Rusia yang Berpuasa Ramadhan 20 Jam Sehari
foto by Kumparan

Hal ini terjadi karena Murmansk terletak di Lingkar Arktik. Rata-rata suhu di kota ini adalah minus 9,2 derajat Celcius dengan suhu tertinggi hanya 13,8 derajat Celcius. Umat Islam di Murmanks berjumlah 1 persen dari sekitar 750 ribu populasinya.

Puasa dengan jangka waktu lama juga terjadi di negara-negara dekat kutub utara lainnya. Di antaranya kota Reykjavik di Islandia atau Lulea di Swedia selama 19 jam, atau Anchorage di Alaska selama 18 jam.

Sementara puasa dengan jangka waktu terpendek adalah di kota Ushuala, Argentina, selama 11 jam.

Murmansk, Kota Rusia yang Berpuasa Ramadhan 20 Jam Sehari
foto by Kumparan

Untuk Muslim di negara-negara kutub, mereka boleh memilih apakah akan berpuasa mengikuti waktu terbit-tenggelam matahari atau mengikuti waktu normal di kota terdekat.(rl)

Leave a Reply

avatar
254
  Subscribe  
Notify of