Beranda Bengkulu Metro Menang Gugatan, Bawaslu Minta Firdaus Jailani Umumkan Diri Sebagai Caleg Mantan Napi

Menang Gugatan, Bawaslu Minta Firdaus Jailani Umumkan Diri Sebagai Caleg Mantan Napi

Ketua majelis sidang Bawaslu Provinsi Bengkulu, Parsadaan Harahap (tengah) saat membacakan putusan sidang sengketa dengan pemohon Firdaus Jailani. foto : jumen siberklik.

SIBERKLIK.COM – Bawaslu Provinsi Bengkulu dalam amar putusannya mengabulkan sebagian permohonan Firdaus Jailani atas KPU Provinsi Bengkulu terkait tidak masuknya dirinya sebagai daftar calon tetap (DCT) calon legislatif (Caleg) DPRD Provinsi Bengkulu dari partai Demokrat daerah pilih Kabupaten Kepahiang.

Keputusan ini berdasarkan sidang yang digelar Bawaslu pada Senin (8/10) pukul14.00 WIB siang. Dengan putusan ini Bawaslu meminta Firdaus Jailani harus melengkapi persyaratan terhitung lima hari ke depan sejak putusan ditetapkan.

Selain meminta Firdaus Jailani untuk mempersiapkan berkas pendaftaran ulang sebagai Caleg DPRD Provinsi Bengkulu, Bawaslu juga meminta pemohon harus mengemukakan secara jujur bahwa ia sebagai mantan narapidana dan wajib melengkapi dokumen bahwa sebagai mantan narapidana sebagaiman terbuat pasal 8 ayat 7 peraturan KPU tahun 2018.

Dikabulkannya sebagian gugatan Firdaus Jailani ini disambut baik oleh tim pengacanya, Tarmizi Gumai. “Alhamdulilah perjalanan panjang, akhirnya pak Firdaus Jailani duduk juga jadi calon,” katanya.

Tarmizi juga mengatakan kliennya akan sesegera mungkin menyerahkan berkas pencalonan yang diminta oleh Bawaslu, kepada KPU. “Jangan kan lima hari, besok saja dokumen sudah bisa saya serakan, karna semuanya sudah saya siapkan,” terangnya.

Sementara itu kuasa hukum KPU Provinsi Bengkulu, Zainal Sagiman mengatakan pihaknya tidak akan banding dan menerima hasil putusan dari Bawaslu.

“Nanti akan kita koordinasikan kepada KPU Provinsi. Untuk usaha banding insyaallah tidak akan dilakukan, karena pada hakekatnya KPU itu kan negara, yang menggugat ini kan rakyat, jadi lucu lah kalau umpamanya negara menggugat rakyat,” kata Zainal. (jtj)

Leave a Reply

avatar
254
  Subscribe  
Notify of