Beranda Life Style Kesehatan Makan Pindang Ikan Mas, 70 Orang Dirawat dan 2 di Antaranya Tewas...

Makan Pindang Ikan Mas, 70 Orang Dirawat dan 2 di Antaranya Tewas Akibat Keracunan

Makan Pindang Ikan Mas, 70 Orang Dirawat dan 2 di Antaranya Tewas Akibat Keracunan
Makan Pindang Ikan Mas, 70 Orang Dirawat dan 2 di Antaranya Tewas Akibat Keracunan. Foto Istimewa

SIBERKLIK.COM – Sebanyak 70 warga menderita keracunan diduga setelah makan pindang ikan mas yang dijual di acara perpisahan sebuah sekolah dasar.

Dua di antaranya meninggal dunia, dan sebanyak 41 orang harus dirawat di Puskesmas karena dinyatakan masih menderita gejala pusing, mual, dan buang air besar secara terus menerus.

Sebanyak 27 orang sisanya dirawat di rumah masing-masing.

Banyaknya warga yang keracunan sempat menghebohkan warga Desa Jayagiri, Kecamatan Sindangbarang.

Kejadiannya terdeteksi pada Jumat (21/06), di mana secara bersamaan banyak warga datang ke Puskesmas Sindangbarang dengan keluhan sakit perut, mual, dan diare.

Mereka yang mengeluh keracunan berujar telah memakan pindang ikan mas yang dibeli dari penjual yang ada di acara perpisahan SDN Ciseureuh.

Kepala Desa Jayagiri H Ahmad Firdaus, mengatakan, dua orang meninggal dunia dan 6 orang lainya kritis dari puluhan warga yang diduga keracunan pindang ikan mas ini.

Pihaknya menunggu hasil laboratorium untuk menunggu penyebab pasti dugaan adanya keracunan puluhan warganya ini.

“Pihak desa sudah berkoordinasi dengan pihak kepolisian sektor Sindangbarang untuk melakukan olah TKP dan memeriksa bekas sisa makanan yang dibeli oleh warga yang keracunan,” katanya melalui sambungan telepon, Sabtu (22/6)

Ia berharap dengan adanya peristiwa keracunan masal ini ada bantuan dari Dinas Kesehatan dan Pemerintah Kabupaten Cianjur.

“Kami selaku kepala desa ikut berduka cita dan kami mengharapkan adanya bantuan dari pihak pemda Cianjur,” katanya.

“Kami selaku kepala desa ikut berduka cita dan kami mengharapkan adanya bantuan dari pihak pemda Cianjur,” katanya.

Menurutnya bantuan yang diharapkan untuk korban yang meninggal dunia dan yang masih dirawat.

Kejadian yang menghebohkan warga Desa Jayagiri berawal Rabu (19/6) sekitar pukul 08.00 WIB setelah dilaksanakan pembagian raport.

SDN Ciseureuh

Kegiatan pembagian raport tersebut dilaksanakan di SDN Ciseureuh, diduga ada yang menjual pindang ikan mas dan banyak dibeli oleh para orangtua murid.

Kapolsek Sindangbarang, AKP Nandang, mengatakan setelah makan pindang ikan mas pada malam harinya sekitar pukul 21.00 WIB beberapa warga mengalami mual dan muntah serta buang air besar.

Warga sempat menduga mereka hanya masuk angin karena cuaca.

“Namun pada Jumat (21/6) warga mulai ramai membicarakan sakit perut dan mencret dan sebagian berobat ke puskesmas sebanyak 20 orang dan pihak puskesmas mengecek ke lokasi untuk memastikan kejadian tersebut, hasil yang di dapat yaitu akibat keracunan sebanyak 38 orang,” kata Nandang, Sabtu (22/6).

AKP Nandang mengatakan, warga yang terkena keracunan tersebut banyak yang dirawat inap di puskesmas Sindangbarang sebanyak 8 orang, sementara dua orang meninggal dunia. Satu orang meninggal di rumahnya dan satu lagi meninggal di puskesmas.

“Korban yang meninggal atas nama Ahmad Sadili bin H Basarah (56) dan Rindi (11),” kata Nandang.

Ahmad tercatat sebagai warga Kampung Cisireum RT 02/03, Desa Jayagiri, lalu Rindi warga Kampung Cieurih RT 03/03.

Artikel ini telah tayang di tribunjabar.id dengan judul 70 Warga Cianjur Keracunan Pindang Ikan Mas, 2 di Antaranya Tewas

Leave a Reply

avatar
254
  Subscribe  
Notify of