Beranda Bengkulu Metro Kisah Perjuangan Berdirinya Muhammadiyah di Bengkulu

Kisah Perjuangan Berdirinya Muhammadiyah di Bengkulu

Hardiansyah selaku Sejarawan Muhammadyah Bengkulu
Hardiansyah selaku Sejarawan Muhammadyah Bengkulu

SIBERKLIK.COM – Buku napak tilas Muhammadiyah Bengkulu adalah sebuah upaya gigih merekonstruksi peristiwa masa lampau.

Ditemui siberklik di tempat kerjanya Sejarawan Muhammadiyah Bengkulu sekaligus penulis buku tersebut Hardiansyah mengatakan bahwa buku tersebut adalah buku satu-satunya belum ada yang menulis sejarah Muhammadiyah di Bengkulu.

“Buku ini satu-satunya sejarah Muhammadiyah di Bengkulu belum ada org kain yang menulisnya dan buku ini termasuk terlengkap menceritakan Muhammadiyah di Bengkulu,” terangnya.

Diceritakan Hardi bahwa kronologi bakal berdirinya tahun 1915 dengan masuknya kaum muda di Bengkulu.

“Bahwa pada tahun 1915 itu sudah ada gerakan kaum muda di Bengkulu yang di bawa oleh haji Ahmad dari Minangkabau, tetapi belum mewujud namanya menjadi muhammadiyah,” jelasnya.

Konferensi Daeratul Kubro mengundang seluruh Muhammadiyah Sumatera dan dihadiri oleh Kiai Mas Mansyur di Bengkulu adalah ide dari Bung Karno dan diamini oleh Konsul Muhammadiyah Bengkulu pada masa itu, Oey Tjeng Hien.

Memasuki tahun 1926 terbentuklah gerakan muhibul ikhsan ini mulai tertarik dengan Muhammadiyah yang pada saat itu sudah melebarkan sayapnya bukan hanya di Jawa tetapi juga di Sumatera.

“Muhammadiyah akan didirikan di Bengkulu dengan catatan bahwa harus ada amal usaha yang berusia sekitar 2 tahun baru kemudian izin itu dikasih,” jabarnya.

Beliau menceritakan sangat panjang dan lebar tentang isi buku tersebut dan sangat menarik sekali untuk di baca.

Buku ini mengetengahkan dengan gamblang jekak minang, Jawa dan Tionghoa dalam Muhammadiyah Bengkulu, Bung Karno hingga tokoh tokoh nasional yang pernah berkecimpung di Muhammadiyah Bengkulu

Bahkan dari berbagai kalangan buku ini dijadikan sebagai referensi bagi mahasiswa untuk meraih gelar Serjana (S1) bahkan Magister (S2) dan Doktor (S3). (rfky)

Leave a Reply

avatar
254
  Subscribe  
Notify of