Beranda Bengkulu Metro Karyawan dan Dosen IAIN Bengkulu Dilatih Pengisian SPT dengan E-Filing

Karyawan dan Dosen IAIN Bengkulu Dilatih Pengisian SPT dengan E-Filing

Karyawan dan Dosen IAIN Bengkulu Dilatih Pengisian SPT dengan E-Filing, Senin (11/3). foto : rifky siberklik.

SIBERKLIK.COM – Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bengkulu bekerjasama dengan KPP Pratama Bengkulu memberikan sosialisasi pelaporan SPT Tahunan dengan E-Filing bertempat di gedung auditorium, Senin (11/3).

Kepala Biro IAIN Bengkulu Khairiyah menyampaikan selama ini hanya sebagian saja karyawan dan dosen yang membuat SPT tahunan.

“Mereka ada yg membuat dan ada juga yang tidak buat kami mendengar bahwa ini ada sanksinya yakni kalu 1 tahun itu Rp. 100 ribu jadi selama ini sudah berapa tahun kita tidak melaporkannya,” ujarnya.

Adapun Khairiyah menyampaikan bahwa jangan sampai menyesal di kemudian hari karena selama ini kita tidak pernah membuat laporan SPT tahunan.

“Kita tidak ingin nantinya di kemudian hari ada masalah di Pajak jadi hari ini kita minta dari KPP Pratama Bengkulu memberikan pelatihan kepada karyawan dan dosen di lingkungan kampus IAIN Bengkulu,” jelasanya.

Sementara itu Edwen Flanzen Pelaksana Account Representativ KPP Pratama Bengkulu menjelaskan bahwa saat ini pihaknya sudah menggunakan aplikasi E-Filing supaya bisa mengurangi ketergantungan terhadap kertas.

“Pelaporan SPT ini penting karena kedepannya yang berhubungan dengan ASN ini nantinya ada wacana bahwa laporan SPT adalah bahan untuk kenaikan pangkat atau jabatan,” ujar Edwen.

E-Filing adalah suatu cara melaporkan SPT Tahunan secara elektronik yang dilakukan secara online dan realtime wajib pajak melalui internet.

“SPT Tahunan ada beberapa kategori diantaranya  kategori SPT 1770SS yaitu SPT yang diperuntukkan pada seseorang yang memiliki penghasilan kurang dari Rp. 60 juta dan kategori  SPT 1770S yang diperuntukan pada seseorang memiliki penghasilan diatas dari 60 juta dan penghasilan lainya,” terangnya. (rfky)


Leave a Reply

avatar
254
  Subscribe  
Notify of