Beranda Bengkulu Metro Jokowi dan Prabowo Diundang Berceramah di Sidang Tanwir Muhammadiyah Bengkulu

Jokowi dan Prabowo Diundang Berceramah di Sidang Tanwir Muhammadiyah Bengkulu

Jokowi dan Prabowo.
Jokowi dan Prabowo. foto : net

SIBERKLIK.COM – Sidang Tanwir Muhammadiyah yang akan berlangsung di Bengkulu 15-16 Februari 2019 akan dihadiri dua Paslon Capres Jokowi dan Prabowo.

Pihak panitiapun telah menggagendakan mereka berdua untuk memberi ceramah soal keumatan di Indonesia dalam kegiatan tersebut.

“Masing-masing dari mereka akan memberi ceramah pada hari yang berbeda. Namun durasinya, masing-masing diberi waktu yang sama yakni 90 menit,” terang Sekretaris Umum PP Muhammadiyah Abdul Mu’ti, Senin (10/2) seperti dikutip dari laman CNNIndonesia.com.

“Durasi itu juga termasuk sesi tanya jawab dengan peserta sidang Tanwir. Mudah-mudahan bisa terjadi interaksi dan tanyajawab yang konstruktif,” ujarnya.

Prabowo akan mendapatkan kesempatan terlebih dahulu untuk memberikan ceramahnya pada hari Jum’at 15 Februari 2019. Ia akan berceramah pada pukul 13.30-15.00 WIB.

Keesokan harinya, Sabtu 16 Februari 2019, giliran Jokowi yang diberi kesempatan untuk memberikan ceramahnya. Ia diagendakan memberi ceramah pada pukul 13.30 – 15.00 WIB.

Tanwir Bukan Kontestasi Memilih Presiden

Kendati ada ceramah yang akan diisi oleh dua Paslon Capres, Mu’ti menolak jika dikatakan sidang Tanwir sebagai refresentasi dalam memilih presiden.

Ia menegaskan, Muhammadiyah akan netral dalam kontestasi politik. Sebab merupakan prinsip dasar khittah Muhammadiyah sejak lama, yaitu tidak terlibat dalam politik praktis.

“Muhammadiyah selama ini, berada pada posisi gerakan dakwah yang terlibat dalam politik kebangsaan, bukan kepartaian,” kata Mu’ti.

Terkait dengan sesi tanyajawab, Mu’ti mengatakan bahwa itu bertujuan ingin menggali lebih dalam gagasan dari kedua tokoh tersebut.

Terutama mengenai bagaimana memposisikan agama dalam praktik penyelenggaraan pemerintahan.

Amien Rais Tak Diberi Waktu untuk Berceramah

Banyak tokoh yang akan memberi ceramah dan pemaparan dalam kegiatan sidang Tanwir Muhammadiyah di Bengkulu nanti.

Mereka berasal dari berbagai tokoh dan kalangan yang banyak dikenal masyarakat luas. Baik pemikiran maupun dedikasinya terhadap bangsa.

Beberapa diantaranya, Wapres Jusuf Kalla, Ketua umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Duta besar Indonesia untuk Lebanon Hajriyanto Thohari, dan Ketua Dewan Pertimbangan Majelis Ulama Indonesia Din Syamsuddin. (rl)

Leave a Reply

avatar
254
  Subscribe  
Notify of