Beranda PROKLIK Jalan Gubeng Ambles, Diduga Kesalahan Konstruksi Proyek “Basement” RS Siloam

Jalan Gubeng Ambles, Diduga Kesalahan Konstruksi Proyek “Basement” RS Siloam

Jalan Gubeng Ambles, Diduga Kesalahan Konstruksi Proyek
Jalan Gubeng Ambles, Diduga Kesalahan Konstruksi Proyek "Basement" RS Siloam

SIBERKLIK.COM -Beberapa bagian jalan di Jalan Raya Gubeng Surabaya ambles lebih dari 15 meter, Selasa (18/12/2018) malam. Belum diketahui penyebab amblesnya jalan tersebut. Pantauan Kompas.com, lokasi ambles tidak jauh dari lokasi proyek basement Rumah Sakit Siloam Jalan Raya Gubeng. Jalan itu pun ditutup sejak pukul 22.00 WIB.

Lokasi jalan yang ambles lebih dari lebar jalan yang bisa digunakan oleh 4 kendaraan roda 4. Sementara panjangnya diperkirakan sekitar 10 meter. Adapun kedalaman ambles diperkirakan lebih dari 15 meter.

Bukan Akibat Gempa

Petugas pemadam kebakaran memeriksa kondisi tanah ambles di Jalan Raya Gubeng, Surabaya, Jawa Timur, Rabu, 19 Desember 2018. Jalan raya yang ambles sedalam sekitar 20 meter dengan lebar 30 meter itu diduga karena proyek pembangunan gedung di sekitar lokasi. ANTARA

Deputi Bidang Geofisika BMKG Muhammad Sadly menyebut, amblesnya Jalan Raya Gubeng Surabaya, di Jawa Timur, sementara ini bukan akibat gempa.

“Untuk sementara bukan fenomena tektonik,” kata Sadly, dalam wawancara bersama Kompas TV, Selasa (18/12/2018). Hasil catatan sensor BMKG di Pasuruan, lanjut dia, juga tidak menunjukan adanya aktivitas seismik.

Stasiun sensor BMKG Pasuruan itu berjarak 48 kilometer dari lokasi Jalan Gubeng yang ambles. “Setelah kita cek lagi 2 jam sebelumnya, tidak ada record seismik, 2 jam sebelumnya enggak ada,” ujar Sadly.

Meski begitu, BMKG mengirim jajarannya untuk mengecek lokasi pada Rabu (19/12/2018) pagi ini. “Kepala UPT di Surabaya pagi ini mengecek dengan alat, apakah tanah masih begerak, berpotensi ambles, atau longsor. Memang kita harus lihat dulu di lapangan,” ujar dia.

Diduga Ada Kesalah Konstruksi

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Kota (Bapeko) Surabaya Surabaya Ery Cahyadi sebelumnya juga menduga amblasnya Jalan Raya Gubeng murni kesalahan pengerjaan proyek di sekitar lokasi.
Foto udara yang menunjukkan kondisi tanah ambles di Jalan Raya Gubeng Surabaya, Jawa Timur, Rabu, 19 Desember 2018. ANTARA

Wakil Wali Kota Surabaya Wisnu Sakti Buana mengatakan penyebab amblasnya Jalan Gubeng diduga karena konstruksi basement RS Siloam yang menyalahi aturan.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Kota (Bapeko) Surabaya Surabaya Ery Cahyadi sebelumnya juga menduga amblasnya Jalan Raya Gubeng murni kesalahan pengerjaan proyek di sekitar lokasi.

“Tadi pagi, saya cek ke lokasi ternyata itu kesalahan konstruksi pembangunan basement RS Siloam tiga lantai,” kata Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Kota Surabaya Eri Cahyadi.

Menurut Eri, kasus amblesnya Jalan Raya Gubeng adalah collapse atau runtuhnya tembok penahan tanah pada proyek basement gedung RS Siloam.

“Kalau melihat bentuk keruntuhan tembok penahan tanah yang ada karena disebabkan pentahapan pelaksanaannya tidak mengikuti prosedur,” kata Eri.

Eri mengatakan, konstruksi tembok penahan tanah terbuat dari konstruksi soldier pile (bored piled beton) yang dipasang berjajar dengan kedalaman tertentu. Kemudian penahan tembok dibantu dengan ground angker dan bentonite.

“Jadi konstruksi tembok penahan tanah ini ambrol karena tidak mampu menahan beban lateral dari Jalan Raya Gubeng, sehingga mengenai jalan raya,” kata Eri.

Saat ditanya soal perizinan, Eri mengatakan, izin proyek basement tidak ada masalah karena sudah dilakukan dengan benar. Namun, pelaksanaan pengerjaan proyek yang tidak benar.

Untuk itu, kata Eri, timnya bersama kontraktor dari PT Nusa Kontsruksi Enjiniring dan tim ahli bangunan yang didatangkan akan mengecek lagi ke lokasi guna memastikan secara detail penyebab amblesnya Jalan Raya Gubeng. “Secara garis besar itu kesalahan konstruksi. Tapi kami akan mendetailkan persoalan itu bersama tim ahli dan pihak kontraktor.”

Saat ini Kapolda Jawa Timur Irjen Luki Hermawan sedang melakukan pemeriksaan di RS Siloam, tempat proyek pembuatan basement yang diduga jadi penyebab utama amblasnya Jalan Raya Gubeng.

Proyek tersebut dibangun oleh PT Nusa Engineering Konstruksi. Polisi juga telah mengamankan tiga orang pekerja proyek tersebut sebagai saksi untuk diminta keterangannya. (rl)

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Kota (Bapeko) Surabaya Surabaya Ery Cahyadi sebelumnya juga menduga amblasnya Jalan Raya Gubeng murni kesalahan pengerjaan proyek di sekitar lokasi.

Leave a Reply

avatar
254
  Subscribe  
Notify of