IPNU : Sinergitas Seluruh Elemen Penting Demi Suksesnya PON XX Papua Sehat dan Aman

Pengurus Pusat IPNU Abdul Baary Dalam Podcast ICF TV Channel

Jakarta - Pemerintah memastikan helatan PON XX di Papua, sesuai jadwal yakni pada 2-15 Oktober 2021 mendatang dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat dan disiplin, guna mencegah terjadinya kluster penularan Covid-19 selama penyelenggaraan ajang olahraga tersebut.

Oleh sebab itu diharapkan perlunya sinergitas seluruh elemen dalam membangun situasi kondusif baik dari sudut politik, hukum, dan keamanan. 

Pengurus Pusat IPNU Abdul Baary mengatakan tokoh agama, tokoh pemuda, tokoh pelajar, tokoh Pemerintah harus mendukung pelaksanaan PON XX Papua dengan cara menahan masyarakat untuk tidak memancing konflik-konflik terjadi. 

“Tokoh agama menahan di majelisnya, tokoh pelajar dicirclenya membuat seminar-seminar, mendukung PON dengan ajakan-ajakan ayo vaksinasi, dan semua program pemerintah, “ ujar Abdul Baary dalam Podcast ICF TV Channel dengan tema “Perlunya Sinergitas Seluruhn Elemen Demi Suksesnya PON XX Papua Sehat dan Aman,” Senin, 23 Agustus 2021.

Dikatakan Gus Baary panggilan karib jebolan Pesantren Buntet, Cirebon ini bahwa pentingnya ormas untuk bersinergi terlebih di Papua banyak kepentingan- kepentingan yang dapat memperkeruh sehingga perlu hati-hati.

“Pertama kali dalam sejarah PON Papua, diberikan kesempatan yang mana dengan isu-isu rawan koflik, oleh karena itu Presiden memperhatikan dengan pembangunan jalan, fasilitas lainnya. Ini adalah salah satu bentuk perhatian bahwa Papua itu Indonesia dengan tidak diskriminasi,” ucapnya.

Seperti diketahui sebelum PON Papua digelar pada 2-15 Oktober 2021, sejumlah agenda dan kegiatan pendahuluan sudah disiapkan untuk membangkitkan animo masyrakat. Kegiatan tersebut di antaranya, yakni pertandingan pendahuluan dan kedatangan para atlet yang akan mulai dilakukan panitia pada 20-23 September 2021.  PON XX akan berpusat di Stadion Lukas Enembe. Diperkirakan ada 37 cabang olah raga yang akan dipertandingan di even multievent terbesar se Indonesia tersebut. Beberapa cabang olah raga juga dipertandingkan dalam cabang olah raga ekshibisi, termasuk e-sport. Selain PON,  Papua juga akan menggelar Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI sebagai rangkaian penyelenggaraan PON, Peparnas  akan diselenggarakan sesuai jadwal pada 2-15 November 2021. 

“Diharapkan semuanya dapat membangun sinergitas dan situasi kondusif baik dari sudut politik, keamanan dan kami kaum milenial mendukung penuh helatan ini bersama elemen lainnya," tambah Gus Baary. 

Add new comment

Restricted HTML

  • You can align images (data-align="center"), but also videos, blockquotes, and so on.
  • You can caption images (data-caption="Text"), but also videos, blockquotes, and so on.