Beranda Headline Ini Sembilan Syarat Ikut Tes CPNS

Ini Sembilan Syarat Ikut Tes CPNS

Ujian seleksi CPNS menggunakan Computer Assisted Test (CAT). foto : net

SIBERKLIK.COM – Anda yang ingin ikut dalam seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) siap-siap untuk segera mendaftar. Pendaftaran dilakukan melalui portal nasional http://sscn.bkn.go.id yang dikelola oleh Badan Kepegawaian Nasional (BKN).

BKN selaku pelaksana panitia seleksi nasional CPNS 2018 memastikan, alur registrasi tidak lagi melalui laman instansi atau kementerian/lembaga maupun daerah terkait.

Namun sebelum mengetahui bagaimana prosedural dalam mendaftar lamaran tersebut, ada baiknya diketahui dahulu sembilan syarat dasar untuk ikut seleksi. Sebab bisa jadi Anda termasuk orang yang tak memenuhi syrat mengikuti ujian.

“Semua Warga Negara Indonesia (WNI) mempunyai kesempatan yang sama untuk menjadi PNS selama memenuhi sembilan persyaratan dasar,” terang Kepala Biro Hubungan Masyarakat (Humas) BKN Moh. Ridwan seperti dikutip dari laman Sekretariat Kabinet

Adapun secara lengkap sembilan persyarat dasar tersebut yakni;

1. Usia paling rendah 18 tahun dan paling tinggi 35 tahun pada saat melamar.

2. Tidak pernah dipidana dengan pidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang mempunyai kekuatan hukum tetap karena melakukan tindak pidana dengan pidana penjara 2 (dua) tahun atau lebih.

3. Tidak pernah diberhentikan dengan hormat atau tidak dengan hormat, sebagai PNS, prajurit TNI, anggota Polri. Atau diberhentikan dengan tidak hormat sebagai pegawai swasta.

4. Tidak berkedudukan sebagai calon PNS, PNS, prajurit TNI, atau anggota Polri.

5. Tidak menjadi anggota atau pengurus partai atau terlibat politik praktis.

6. Memiliki kualifikasi pendidikan sesuai dengan persyaratan jabatan.

7. Sehat jasmani dan rohani sesuai dengan persyaratan jabatan yang dilamar;

8. Bersedia ditempatkan di seluruh Negara Kesatuan Republik Indonesia atau negara lain yang ditentukan oleh Instansi Pemerintah.

9. Persyaratan lain sesuai kebutuhan jabatan yang ditetapkan oleh Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK).

“Persyaratan tambahan untuk masing-masing formasi ditentukan oleh PPK Kementerian/Lembaga/Daerah (K/L/D) masing-masing,” terangnya. (rl)

Leave a Reply

avatar
254
  Subscribe  
Notify of