Beranda Bengkulu Metro Ini Enam Terapi Tingkah Laku untuk Pekerja Sosial

Ini Enam Terapi Tingkah Laku untuk Pekerja Sosial

Peserta saat mengikuti pelatihan dari narasumber. Foto : rifki siberklik.

SIBERKLIK.COM – Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Bengkulu menyelenggarakan pelatihan Terapi Tingkah Laku Untuk Pekerja Sosial se-Provinsi Bengkulu yang berlokasi di Ruang kuliah Lantai 2 gedung Pasca Sarjana FISIP UNIB. Kegiatan ini dimaksudkan sebagai bentuk kontribusi perguruan tinggi dalam upaya peningkatan kualitas hidup masyarakat, khususnya dalam ruang lingkup kesejahteraan dan perlindungan anak.

“Kegiatan ini bagian dari salah satu tri dharma perguruan tinggi yaitu pengabdian masyarakat,” kata Desy Afrita selaku ketua pelaksana sekaligus dosen Jurusan Kesejahteraan Sosial FISIP UNIB.

Peserta kegiatan pengabdian masyarakat ini sebanyak 33 orang dari Pekerja Sosial yang tergabung dalam Forum Satuan Pekerja Sosial (Sakti Peksos) setting kesejahteraan dan perlindungan anak. Wilayah kerja Sakti Peksos ini tersebar di 10 Kota/Kabupaten di Provinsi Bengkulu. Pekerja sosial inilah yang akan menjadi penerima manfaat langsung dari kegiatan. Narasumber adalah Indah Syoraya adalah seorang Psikolog, Sahabat Psikologi.

Terapi tingkah laku merupakan istilah yang merujuk pada penggunaan atau penerapan aneka ragam teknik dan prosedur yang berlandaskan pada berbagai teori tentang belajar dalam usaha melakukan pengubahan tingkah laku. Harapanya para pekerja sosial bisa dapat mengunakan teknik modifikasi prilaku dilapangan saat mereka berhadapan dengan klien.

Indah mengatakan ada enam hal yang diperlukan bagi seorang pekerja sosial dalam mengubah perilaku. Pertama harus punya lembar refleksi. Kedua membuat sesi curhat atau konseling.

Ketiga setelah terbangun mereka masuk ke obrolan biasa, terus keempat baru mereka memberikan kasus kepada korban atau pelaku, untuk memancing empati.

Kelima adalah mebangun resolusi dan harapan dan yang terahir atau keenam itu feedback. “Pekerja sosial harus memberikan feedback perubahan diri. Itulah teknik modifikasi prilaku dari konsep psiko terapi,” jelasnya. (rfky)

Leave a Reply

avatar
254
  Subscribe  
Notify of