Beranda Bengkulu Metro HUT Ke 2 GuDep Unived, Rektor Pernah Tidak Sekolah 2 Bulan Demi...

HUT Ke 2 GuDep Unived, Rektor Pernah Tidak Sekolah 2 Bulan Demi Ikut Raimuna

Prof. Johan Setianto membuka acara HUT ke 2 GuDep 06.067 Sentot Alibasya dan 06.068 Nawang Wulan Pangkalan Unived Bengkulu, Kamis (21/2).

SIBERKLIK.COM – Rektor Universitas Dehasen (Unived) Bengkulu Prof. Johan Setianto membuka acara HUT ke 2 GuDep 06.067 Sentot Alibasya dan 06.068 Nawang Wulan Pangkalan Unived Bengkulu, Kamis (21/2).

“Saya teringat 39 tahun yang lalu, mungkin sama dengan adek adek yang sekarang ada di depan saya. Saya dulu mengikuti Raimuna II Karang Kates Malang, Jawa Timur. Dulu akses dari Fakfak, Irian Jaya (Papua Barat sekarang) ke Jawa sangat terbatas. Perjalanan dilakukan dengan kapal barang sehingga perjalanan pulang pergi dan kegiatan menghabiskan waktu 2 bulan,” ujar Johan.

Demi mengikuti acara Raimuna ke II tersebut Johan harus absen di sekolahnya selama dua bulan karena jarak yang di tempuh dari Fakfak ke Malang membutuhkan waktu yang panjang.

“Pada saat itu untung ada kesatuan angkatan laut malang, kami diberi kesempatan menginap disitu sebelum dan sesudah kegiatan Raimuna.” tambahnya. Hal ini karena menyesuaikan jadwal kapal barang yang ditumpangi untuk perjalanan pulang pergi.

Pramuka sampai saat ini mungkin merupakan salah satu organisasi yang menyuplai para pemimpin-pemimpin bangsa yang mempunyai rasa cinta tanah air.

“Sekarang ini sangat jarang organisasi yang kegiatannya seperti kegiatan kepramukaan. Oleh karena itu, saya memberi apresiasi penggalang dan penegak yang ikut acara seperti ini, karena memang acaranya bagi sebagian generasi muda merasa tidak begitu penting tetapi sebenarnya sangat penting,” ungkapnya.

Pramuka di Perguruan tinggi tentu berbeda dengan di tingkat SD, SMP, maupun SMA. Di perguruan tinggi yakni harus mengacu pada Tri Dharma Perguruan Tinggi,

Yakni pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian pada masyarakat. Pada konteks pengabdian pda masyarakat, kegiatan yang dilakukan untuk memberikan motivasi pada generasi muda pramuka.

Kegiatan ini juga sejalan dengan Tribina dalam kepramukaan. Dalam pramuka juga ada bagaimana meningkatkan kemampuan softskill diri kita, kemudian membina satuan atau gugus-gugus di Pramuka.

Supaya mereka juga bisa melakukan sesuatu dengan baik dan benar yang terahir ada pembinaan kepada masyarakat.

“Selamat mengikuti setiap rangkaian acaranya, dan juga ini nantinya yang menang akan di rekomendasi untuk mengikuti Jambore Daerah,” tutupnya. (rfky)

Leave a Reply

avatar
254
  Subscribe  
Notify of