Beranda Ekonomi Bisnis Freelance Bisa Jadi Solusi Baru Untuk Para Pencari Kerja

Freelance Bisa Jadi Solusi Baru Untuk Para Pencari Kerja

Freelance Bisa Jadi Solusi Baru Untuk Para Pencari Kerja
Freelance Bisa Jadi Solusi Baru Untuk Para Pencari Kerja

SIBERKLIK.COM -Jenis Pekerjaan Freelance bisa jadi solusi baru untuk para pencari kerja. Banyak pihak memperdebatkan maraknya fenomena pekerja lepas alias freelance. Ini lantaran pemerintah dianggap tidak mampu menciptakan lapangan pekerjaan.

Namun demikian, Direktur Riset Centre of Reform on Economics (CORE) Piter Abdulllah justru menilai fenomena pekerja freelance memberikan dampak positif untuk perekonomian secara makro karena menciptakan lapangan kerja.

Menurut Piter, para pekerja freelance menjadi solusi keterbatasan lapangan pekerjaan karena mereka tumbuh tanpa dibebani masalah ketenagakerjaan. Sehingga, banyak perusahaan rintisan atau startup yang memulai usahanya dari para pekerja freelance yang tidak terikat kontrak.

“Fenomena ini juga menjadi solusi untuk tumbuhnya kegiatan-kegiatan produktif tanpa dibebani kompleksitas masalah ketenagakerjaan. Saya kira banyak startup yang diawali dengan memanfaatkan tenaga-tenaga freelancer,” ujarnya.

Piter menjelaskan, banyak lulusan sarjana yang kemudian memutuskan untuk bekerja secara freelance sembari menunggu untuk mendapatkan pekerjaan tetap bukan masalah. Freelance, menurutnya, akan menjadi tren pekerjaan di masa yang akan datang.

Bahkan, pendapatan dari orang-orang yang bekerja lepas, tidak kalah dengan mereka yang memiliki pendapatan tetap. “Bekerja freelancer sekarang ini bukan berarti uangnya sedikit. Contohnya mereka yang bekerja freelance menggarap proyek-proyek film box office-nya Hollywood. Itu kan mayoritas freelancer,” ujar Piter.

Pekerja generasi milenial yang berkecimpung di dunia freelance, sebut Piter, memiliki peluang yang luas untuk bekerja di kancah internasional dan membantu negara untuk meningkatkan devisa. Pasalnya, mereka memiliki ruang yang tidak terbatas untuk mengembangkan diri serta relasi kerja.

“Ada peluang yang sangat besar untuk SDM kita khususnya kelompok millenial bekerja secara internasional. Kita tahu bagaimana sudah mulai banyak pekerja profesional kita khususnya di bidang kreatif sudah direkrut oleh perusahaan-perusahaan internasional. Itu semua sangat potensial menghasilkan devisa,” ujar dia. (rl)

Leave a Reply

avatar
254
  Subscribe  
Notify of