Beranda Bengkulu Metro Duh…Masih Ada yang Beranggapan Bank Indonesia Sama dengan Bank Umum

Duh…Masih Ada yang Beranggapan Bank Indonesia Sama dengan Bank Umum

Kegiatan BI mengajar di Kampus 4 UMB, Selasa (13/11) dipadati oleh mahasiswa. foto ; rifki siberklik.

SIBERKLIK.COM – Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Bengkulu, Endang Kurnia Saputra mengatakan bahwa masih ada masyarakat yang belum tahu tugas dan peran bank sentral. Mereka masih menganggap keberadaan BI sama dengan dengan bank-bank lain pada umumnya.

Hal ini diungkapkan Endang saat memberi kuliah umum kepada mahasiswa Universitas Muhammadiyah Bengkulu (UMB), di kampus empat UMB, Selasa (13/11).

Kepala Kantor Perwakilan BI Bengkulu Endang Kurnia Saputra saat memberi kuliah umum BI Mengajar di Kampus 4 UMB, Selasa (13/11).
foto : rifki siberklik.

“Saya merasa sedih karena banyak proposal yang masuk ke kami (Bank Indonesia) yang masih menulis BI dengan sebutan PT Bank Indonesia. Ini menandakan bahwa mereka belum tahu tentang BI,” kata Endang.

“Proposal itu bahkan dari perguruan tinggi. Tapi saya yakin itu bukan dari kampus UMB,” lanjutnya.

Dijelaskan Endang bahwa BI adalah bank sentral yang tugasnya mengelola perekonomian Indonesia melalui pengendalian inflasi dan menjaga stabilitas nilai tukar rupiah. BI juga sebagai lembaga negara yang independen dan punya kewenangan penuh dalam melaksanakan tugas, serta terbebas dari campur tangan pemerintah.

Tidak hanya kalangan perguruan tinggi. Endang juga mengatakan ada anggota dewan yang masih menganggap BI adalah bank pada umumnya sebagai tempat menabung.

“Ada seorang anggota dewan bertanya kepada saya. Pak boleh tidak saya menabung di Bank Indonesia. Masya Allah seorang anggota dewan tidak tahu fungsi dari BI,” ujarnya.

Dijelaskan Endnag bahwa BI memang punya nasabah. Nasabah BI adalah bank-bank, bukan perorangan. Masyarakat pun beranggapan bahwa BI memiliki fungsi yang sama dengan bank yang lain. Bisa untuk menabung dan juga bisa pinjam uang.

“Tidak boleh menabung di BI, karena yang bisa menyimpan dananya di BI yaitu hanya bank dan tidak bisa perseorangan,” tegas Endang. (rfky)

Leave a Reply

avatar
254
  Subscribe  
Notify of