Beranda Bengkulu Metro Dua Kapal Trawl Dibakar Nelayan Tradisional Bengkulu

Dua Kapal Trawl Dibakar Nelayan Tradisional Bengkulu

Dua Kapal Trawl Dibakar Nelayan Tradisional Bengkulu

SIBERKLIK.COM – Nelayan tradisional yang ada di Kelurahan Malabero Kota Bengkulu membakar dua unit kapal yang diduga sebagai kapal trawl di sekitaran Pulau Baai, Rabu (14/3).

Koordinator lapangan (Korlap) Aliansi Nelayan Tradisional Bengkulu (ANTB) Buyung Joker mengatakan kapal trawl seharusnya tidak boleh beroperasi di perairan namun masih saja ada nelayan yang menangkap ikan menggunakan kapal trawl.

“Sebelumnya masyarakat nelayan Malabero telah beberapa kali melihat kapal trawl berkeliaran dan kami melihat juga tidak ada tindakan tegas dari aparatur terkait atas permasalahan ini akhirnya melakukan tindakan dengan menangkap dan membakar Kapal trawl tersebut,” ujarnya.

Nelayan Malabero awalnya melihat kapal trawl sedang beroperasi kemudian menghampirinya dan terjadilah bentrok di perairan Pantai Panjang tepatnya di perairan Lempuing.

Masyarakat Nelayan Malabero menghadang enam kapal trawl yang sedang beroperasi dan berhasil menangkap dua kapal lalu menggiring kapal Trawl tersebut ke Perairan Malabero dan langsung membakarnya.

Adapun Joker mengatakan masyarakat nelayan Malabero sangat keberatan dengan penangkapan ikan menggunakan kapal trawl dan ilegal fishing.

“Pembakaran tersebut merupakan puncak kekesalan nelayan tradisional yang masih menemukan kapal trawl beroperasi,” terangnya.

Anak Buah Kapal (ABK) kapal trawl sekitar 3 orang langsung diamankan pihak kepolisian dan TNI untuk menghindari amuk massa.

“Pihaknya akan melakukan proses lebih lanjut mengenai permasalahan kapal Trawl,” ujar Heru Prianggodo Kapolres Bengkulu. (rl)


Leave a Reply

avatar
254
  Subscribe  
Notify of