Beranda Bengkulu Metro Dibuka Hari Ini, Berikut Cara Masukan Berkas Lamaran CPNS di Portal SSCN

Dibuka Hari Ini, Berikut Cara Masukan Berkas Lamaran CPNS di Portal SSCN

pembukaan pendaftaran cpns
pembukaan pendaftaran cpns

SIBERKLIK.COM – Hari ini, Rabu 26 September 2018 Badan Kepegawaian Negara (BKN) resmi telah membuka penerimaan berkas syarat lamaran CPNS di sejumlah Kementerian, Lembaga dan Daerah. Lamaran dimasukan secara terpusat melalui portal https://sscn.bkn.go.id.

BKN sendiri telah membuka secara resmi portal pendaftaran CPNS online ini sejak Rabu (26/9) pukul 01.00 WIB dinihari tadi.

“Sudah bisa mulai daftar akun. Nanti CPNS tinggal melihat mana kementerian atau lembaga yang sudah on. Termasuk melihat formasi, lokasi dan syarat detil persyaratan yang sudah tersedia” kata Pejabat Humas BKN, Mohammad Ridwan seperti dikutip dilamam CNNIndonesia.com.

Agar tidak salah dalam mendaftar, ada baiknya mengetahui cara dan panduan dalam mendaftar CPNS di portal SSCN.

Pertama calon pelamar memilih menu registrasi untuk mengisi Nomor induk kependudukan (NIK), nomor kartu keluarga atau NIK kepala keluarga. Kemudian mengisi alamat dan email aktif, password akun portal SSCN dan pertanyaan keamanan.

Setelah itu pelamar menggunakan pass photo minimal 120 kilobyte (KB), maksimal 200 KB dengan format JPG atau JPEG. Lalu mencetak kartu infromasi akun SSCN 2018. Kemudian dilanjut melakukan login di portal SSCN menggunakan password dan NIK yang telah didaftarkan.

Tahap selanjut pelamar masuk ke tahap daftar instansi. Pelamar harus mengunggah foto diri dengan memegang Kartu Tanda Penduduk (KTP). Informasi akun sebagai bukti telah melakukan pendaftaran. Kemudian pelamar melengkapi biodata yang dilanjutkan dengan memilih instansi, formasi, dan jabatan sesuai pendidikan.

Dalam tahap daftar instansi ini, pelamar juga harus melengkapi data pada form yang telah tersedia. Setelah itu pelamar bisa mengunggah dokumen yang diperlukan sesuai persyaratan instansi. Kemudian pelamar harus megecek isian yang telah dilengkapi pada form resume.

Di tahap akhir daftar instansi, pelamar sudah bisa mencetak kartu pendaftaran SSCN 2018.

Setelah mencetak kartu, pelamar harus menunggu proses tim verifikasi BKN dalam melakukan verifikasi berkas atau dokumen yang diunggah atau dikirimkan pelamar berdasarkan syarat pendafataran.

Pelamar yang dinyatakan lulus seleksi administrasi akan mendapatkan kartu ujian yang digunakan untuk mengikuti proses seleksi selanjutnya sesuai ketentuan instansi terkait.

BKN kemudian memberikan catatan, jika persyaratan di instansi mencantumkan bahwa pelamar harus mengirimkan berkas fisik, maka pelamar harus memperhatikan alamat instansi yang dituju tersebut.

Setelah tahap verifikasi selesai, panitia seleksi akan mengumumkan informasi status kelulusan pelamar CPNS 2018. (rl)

Leave a Reply

avatar
254
  Subscribe  
Notify of