Beranda News Data Bengkulu Real Count KPU 100 Persen, Prabowo-Sandi Unggul Tipis

Data Bengkulu Real Count KPU 100 Persen, Prabowo-Sandi Unggul Tipis

Data Bengkulu Real Count KPU 100 Persen, Prabowo-Sandi Unggul Tipis
Prabowo-Sandi Unggul di Bengkulu

SIBERKLIK.COM – Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto-Sandiaga Uno unggul tipis atas paslon nomor urut 01, Joko Widodo-Ma’ruf Amin di Provinsi Bengkulu. Kemenangan didapat dari real count Pilpres 2019 yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Berdasarkan hasil hitung suara melalui Sistem Informasi Penghitungan Suara (Situng) KPU di situs resmi pemilu2019.kpu.go.id per Sabtu (27/4) pukul 09.00 WIB, suara yang masuk di Bengkulu telah mencapai 100 persen. Suara 100 persen mencakup 6.165 TPS yang ada di wilayah Bengkulu.

Pasangan Prabowo-Sandiaga meraih 585.521 suara atau 50,12 persen. Raihan ini sedikit berada di atas pasangan Jokowi-Ma’ruf dengan perolehan 582.587 suara atau 49,88 persen.

Situng merupakan penghitungan resmi KPU. Penghitungan menggunakan hasil pindai form C1 yang mencatat hasil pemungutan suara di setiap TPS. Meski hasil ini resmi, tetapi hasil akhir yang ditetapkan KPU berdasarkan rekapitulasi fisik berjenjang hingga 22 Mei 2019.

Komisioner KPU, Wahyu Setiawan meminta masyarakat tetap mencermati hasil Situng KPU meski data yang masuk di Provinsi Bengkulu sudah mencapai 100 persen.

Wahyu menegaskan, kemungkinan perbaikan data yang keliru masih terbuka meski 100 persen suara dalam satu daerah telah masuk.

“Ya, tetap dimungkinkan ada koreksi. Dipersilakan masyarakat mencermati dan melaporkan jika ada kekeliruan entry data, ” ujar Wahyu saat dihubungi wartawan, Sabtu (27/4).

Selain itu, KPU juga disebut Wahyu belum bisa memulai proses rekapitulasi manual tingkat nasional meski ada wilayah yang mencapai 100 persen dalam input data di Situng. Pasalnya, rekapitulasi nasional akan dimulai melalui mekanisme penghitungan manual berjenjang.

“Data rekapitulasi nasional itu berdasarkan data dari kecamatan, kabupaten, kota, dan provinsi. Bukan dari data Situng. Hasil resmi pemilu melalui mekanisme manual berjenjang,” pungkas Wahyu. (rl)

Leave a Reply

avatar
254
  Subscribe  
Notify of