Beranda Bengkulu Metro BNN Kota Bengkulu Gelar Bimtek Pegiat Anti Narkoba Dilingkungan Masyarakat

BNN Kota Bengkulu Gelar Bimtek Pegiat Anti Narkoba Dilingkungan Masyarakat

BNN Kota Bengkulu Gelar Bimtek Pegiat Anti Narkoba Dilingkungan Masyarakat
BNN Kota Bengkulu Gelar Bimtek Pegiat Anti Narkoba Dilingkungan Masyarakat

SIBERKLIK.COM – Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Bengkulu menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Pegiat Anti Narkoba dengan tema “Kepedulian Kita Harapan Mereka, Bersih Kotaku dari Narkoba” di lingkungan masyarakat Kota Bengkulu, di Hotel Jodipati.

Kepala BNN Kota Bengkulu AKBP Alexander Soeki, S.Sos menyampaikan materi soal strategi Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) di masyarakat kepada pemuda pemudi pegiat anti narkoba (PUPAN) Kota Bengkulu.

“Penyalahgunaan narkoba di Kota Bengkulu sudah banyak yang menjadi korban adalah kalangan pelajar (milenial, red), dengan hal tersebut kegiatan ini tentu menjadikan para pemuda-pemudi yang tergabung dalam PUPAN ini sebagai perpanjangan tangan dari tupoksi BNN sendiri, tapi setelah kita berikan bekal materi pemahaman, ilmu pengetahuan soal P4GN itu sendiri,” jelasnya.

Selain itu, peran PUPAN yang telah lulus seleksi ini sendiri nantinya diharapkan mampu memberikan pemahaman soal bahaya narkoba dikalangan sesamanya ataupun ditengah-tengah masyarakat.

“Kita harapkan nanti PUPAN yang bisa masuk ke dalam kalangan milenial sesamanya untuk memberikan informasi, edukasi serta sosialisasi soal bahaya narkoba, dan mereka (PUPAN, red) bisa menjadi contoh di tempat mereka menuntut ilmu,” harapnya.

“Kita juga ada program sosialisasi P4GN di sekolah-sekolah nah, adik-adik PUPAN ini bisa menjadi seperti pemateri dengan memberikan sosialisasi P4GN dengan cara dan bahasa mereka (PUPAN, red) sendiri, sehingga mudah dipahami oleh kalangan sesamanya. Yah mudah-mudahan dengan ini tingkat penyalahgunaan narkoba di Bengkulu semakin berkurang,” tutupnya.

Bimtek ini diikuti 20 orang peserta dari 81 pendaftar PUPAN. Adapun pemateri dalam bimbingan teknis tersebut antara lain dari Kepala BNN Kota Bengkulu AKBP Alexander Soeki, S.Sos soal strategi pencegahan dalam upaya pencegahan, kemudian dari dr. yuranto memberikan pengetahuan dasar adiksi, konseling, dan rehabilitasi.

Kabid P2M BNN Provinsi Bengkulu Drs. H. Ridwan Arief, MM memberikan materi soal Action Plan (Rencana Aksi Pencegahan dan Simulasi), Wakil Walikota Bengkulu Dedy Wahyudi, SE., MM memberikan materi soal strategi pemberdayaan masyarakat dalam upaya P4GN, dari akademisi Unihaz Dr. Fitri Anita, MH memberikan materi soal aspek hukum P4GN.

Mildaini, S.Pd dari Blogger Bengkulu memberikan materi soal Group Dynamic dan Pengarahan Program, dari Dosen IAIN Bengkulu Indah Syaraya, S.Psi, MA memberikan materi soal pengembangan karakter individu sebagai pegiat anti narkoba, dan dari Ketua PPPKMI Kota Bengkulu memberikan materi soal public speaking dan praktek.

Kegiatan ini dihelat selama dua dari tanggal 2-3 Oktober 2019 itu dari BNN Kota Bengkulu dan empat hari selanjutnya dilakukan dengan pembekalan dari PUPAN. (MS)

Leave a Reply

avatar
254
  Subscribe  
Notify of