Beranda Bengkulu Metro BI Bengkulu Dorong Pemberdayaan Ekonomi Pesantren

BI Bengkulu Dorong Pemberdayaan Ekonomi Pesantren

BI Bengkulu Dorong Pemberdayaan Ekonomi Pesantren
BI Bengkulu Dorong Pemberdayaan Ekonomi Pesantren

SIBERKLIK.COM – Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Bengkulu mendorong pemberdayaan ekonomi pesantren.

Hal ini telah dilakukan untuk agar pesantren bisa memiliki kemandirian ekonomi yang nantinya dapat ikut berdampak kepada ekonomi dimana pesantren tersebut ada.

Kepala Tim Advisory dan Pengembangan Ekonomi BI Bengkulu, Rifat Pasha mengatakan, kemandirian ekonomi pesantren di Bengkulu perlu didorong. Hal ini bertujuan untuk membentuk santri yang unggul dalam segala aspek kehidupan.

“Kami menyambut positif dan mendorong kepada pesantren di Provinsi Bengkulu untuk membangun gerakan dan kerjasama-kerjasama ekonomi syariah antar pesantren sebagai wujud nyata peran pesantren dalam pemberdayaan ekonomi yang lebih inklusif,” ujar Rifat, Sabtu (20/4).

BI juga melakukan pengembangan ekonomi pesantren. Dalam pilot project pengembangan usaha ada lima jenis usaha yang akan dikembangkan, yaitu pertanian berkesinambungan, pengolahan daur ulang sampah, pengolahan air minum, biogas, serta pengembangan ekonomi dan jasa kreatif.

“Kita harapkan program ini di Bengkulu bisa berjalan dengan baik dan ikut menggerakkan ekonomi daerah,” paparnya.

Di samping itu, sumber dana pesantren juga cukup besar berasal dari bantuan pemerintah. Kecilnya kontribusi
unit usaha disebabkan terdapat beberapa kendala dalam pengembangan ekonomi pesantren, antara lain pemasaran, jaringan, kapabilitas, dan permodalan.

“Sehubungan dengan permasalahan mendasar yang dihadapi oleh pesantren, BI, Kementerian Agama dan pesantren telah menyusun Roadmap Pengembangan Kemandirian Ekonomi Pesantren pada tahun 2016 silam,” tutup Rifat. (rfky)

Leave a Reply

avatar
254
  Subscribe  
Notify of