Beranda Ekonomi Bisnis Beli Saham Freeport, Inalum Jual Obligasi

Beli Saham Freeport, Inalum Jual Obligasi

Pertambangan PT Freeport Indonesia di Timika, Papua. Foto : net

SIBERKLIK.COM – Tak ada kata mundur bagi PT Indonesia Asahan Alumunium (Persero) atau Inalum untuk mengambil alih kepemilikan saham PT. Freeport Indonesia. Upaya itu terus diwujudkan walau harus dilakukan dengan cara “gali lobang, tutup lobang” terkait masalah pendanaan.

Seperti diketahui Inalum butuh dana yang cukup besar untuk membeli saham tersebut. Sesuai kesepakatan yang ditandatangani oleh pemerintah dengan Freeport-McMoRan Inc pada 12 Juli lalu, Inalum akan membeli saham Freeport Indonesia dengan nilai US$ 3,85 miliar atau sekitar Rp 55,4 triliun.

Sebesar US$ 3,5 miliar di antaranya digunakan untuk membayar hak partisipasi Rio Tinto di tambang Grasberg Freeport Indonesia yang akan dikonversi menjadi saham. Sementara itu, US$ 350 juta sisanya digunakan untuk membeli saham Indocopper di Freeport Indonesia, yang sepenuhnya dimiliki oleh Freeport-McMorran. Setelah proses transaksi rampung, total kepemilikan sahan Inalum di Freeport Indonesia akan menjadi 51,23 persen.

Untuk memenuhi kebutuhan dana pembelian saham tersebut Inalum berencana untuk menerbitkan surat utang atau obligasi global.

Leave a Reply

avatar
254
  Subscribe  
Notify of