Beranda TMMD REG 109 AREM-AREM MAKANAN FAVORIT SATGAS TMMD REGULER 109 KODIM PURWOREJO

AREM-AREM MAKANAN FAVORIT SATGAS TMMD REGULER 109 KODIM PURWOREJO

PURWOREJO – Aren-arem adalah jenis jajanan pasar yang bentuknya sekilas mirip dengan lemper. Bentuknya memanjang atau segi empat sesuai keinginan pembuatnya dan terbungkus daun pisang. Yang berbeda, arem-arem terbuat dari nasi aron yang dipadatkan dan diberi bahan isian. Bahan isian ini berfungsi seperti lauk pauk yang membuatnya dapat disantap tanpa makanan pendamping lain.

Jenis bahan isian dalam arem-arem amat beragam. Bahan-bahan tersebut disesuaikan dengan selera dan tingkat ekonomi konsumennya.

Di pelosok kampung, dapat ditemukan arem-arem dengan isian berupa tumisan kentang dan wortel. Ada pula arem-arem dengan isian berupa sambal oncom. Di daerah perkantoran atau kawasan yang lebih elit, dapat ditemukan arem-arem dengan isian ragout, yaitu cacahan daging sapi atau ayam yang ditumis.

Terlihat sekilas salah satu jajanan yang tersedia yang dinikmati anggota Satgas TMMD REG ke-109 Kodim Purworejo yaitu arem-arem sebagai menu kedua setelah sarapan. Kita bekerja di pengecoran jalan rabat beton ini butuh tenaga banyak, makannya camilannya pun setidaknya bisa membuat kami kenyang dan menambah tenaga. Dengan arem-arem buatan warga Sedayu ini, sangatlah pas dengan kebutuhan kami para anggota Satgas TMMD yang cepat merasa lapar walau sudah sarapan pagi, “ujar kolis salah satu angoota Satgas TMMD”. Jajanan arem-arem ini pun menjadi favorit kami anggota Satgas TMMD Reguler 109 Kodim Purworejo. Sehari tidak ketemu jajanan arem-arem, rasanya ada yang kurang dalam pekerjaaan TMMD ini, “ungkap Kolis sambil melahap arem-arem ditangannya”.

Arem arem yang selalu disediakan warga Sedayu pun ternyata bersama pasangannya yaitu gorengan, seperti bakwan, tahu isi, dan tempe bacem. Tak ketinggalan pula sebagai pelengkap, disediakan cabai rawit atau sambal kacang yang membuatnya semakin nikmat saat disantap.
Selain sebagai menu sarapan kedua, arem-arem juga banyak digunakan sebagai sajian makanan ringan dalam acara-acara rapat atau seminar. Arem-arem juga pada umumnya disiapkan sebagai bekal saat piknik atau rekreasi keluarga karena bentuk dan penyajiannya yang ringkas, “papar Ibu Darsih salah satu warga Sedayu pembuat arem-arem”.

Leave a Reply

avatar
254
  Subscribe  
Notify of