Beranda Kodim 0727 Karanganyar Anggota Satgas TMMD Belajar Buat Tape Dari Bahan Singkong

Anggota Satgas TMMD Belajar Buat Tape Dari Bahan Singkong

KARANGANYAR – Ilmu adalah buruan setiap manusia, maka ikatlah kuat-kuat buruanmu itu jika telah kau dapatkan ”Itulah pepatah yang coba diaplikasikan Sertu Heriyadi anggota Satgas TMMD Reguler Ke-109 di Desa Jatiwarno, dalam mempelajari pembuatan tape yang terbuat dari bahan yang mudah di dapat yaitu singkong di salah satu rumah warga.

Sertu Heriyadi menggunakan waktu rehatnya untuk bersilaturahmi di rumah mbah Sakiyem warga Dusun Tugu RT 09 RW 04 Desa Jatiwarno, Kecamatan Jatipuro, Kabupaten Karanganyar.

Menurut Sertu Heriyadi, dalam bersilaturahmi dengan warga, dirinya juga sekaligus ingin belajar bagaimana cara membuat tape dari bahan singkong yang menjadi makanan ciri khas di Desa Jatiwarno .

“Tape merupakan salah satu makanan tradisional, jadi saya tertarik untuk mempelajari cara membuatnya,”ujar Sertu Heriyadi.

Sementara itu, Mbah Sakiyem menyatakan dalam sehari dengan bahan mentah 5 kg dapat diolah menjadi 100 bungkus setiap harinya. Tape yang sudah jadi biasanya di jual di pasar dan warga setempat dengan harga sebungkus 4000 rupiah.

Mbah Sakiyem menuturkan saat ini dirinya terkendala pada pemasaran produknya, penjualan produknya saat ini masih warga sekitar dan pasar tradisional.

“Saya tidak bisa menggunakan handphone Android, sehingga tidak bisa memasarkan produknya melalui online,”pungkas Mbah Sakiyem. (hm/0727)

Leave a Reply

avatar
254
  Subscribe  
Notify of