Beranda Bengkulu Metro 3 PTS Bengkulu Masuk 500 Universitas Terbaik Indonesia, Unived Terbaik di Bengkulu

3 PTS Bengkulu Masuk 500 Universitas Terbaik Indonesia, Unived Terbaik di Bengkulu

Rektor Unived
Foto Bersama Rektor Unived, Wakil Rektor 1, Sekertaris Rektor, Dekan KIP, Senin (11/2). foto : Rifky siberklik.

SIBERKLIK.COM – Berdasarkan situs Webometrics dan Unirank 2019 yang menyajikan daftar Perguruan Tinggi terbaik Indonesia 2019, ada 3 Perguruan Tinggi Swasta di Bengkulu yang masuk di peringkat 500, yakni Unived, Unihaz, dan UMB.

Webometrics dan Unirank adalah dua lembaga pemeringkat  Perguruan tinggi dunia, diantara beberapa pemeringkat Perguruan Tinggi lainnya. Kedua lembaga pemeringkat tersebut sering dipakai untuk acuan Perguruan Tinggi.

Pemeringkatan dilakukan setiap tahun. Pada release tahun 2019 melalui web mereka, terjadi perubahan urutan peringkat dari berbagai Perguruan Tinggi.

Dalam release terbaru, terdapat 3 Perguruan Tinggi Swasta di Bengkulu yang masuk dalam jajaran 500 Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta terbaik Indonesia.

Ketiganya masuk dalam jajaran 500 baik versi Webometrics maupun versi Unirank. Pada versi Webometrics Universitas Dehasen (UNIVED) peringkat ke 123.

Kemudian Universitas prof. Dr. Hazairin (UNIHAZ) peringkat ke 372, sedangkan Universitas Muhammadyah Bengkulu (UMB) masuk dalam peringkat ke 414. Sementara itu dari versi Unirank, UNIVED peringkat 80, UMB peringkat 269 dan UNIHAZ peringkat 280.

Prof. Johan Setianto
Prof. Johan Setianto

Saat di temui di ruang kerjanya Senin (11/2) Rektor Unived Prof. Johan Setianto mengatakan bahwa peringkat Unived meningkat cukup jauh dibandingkan dengan tahun lalu.

“Peringkat UNIVED melonjak cukup jauh dalam dua tahun terakhir. Pada tahun 2018 versi Webometrics UNIVED berada pada posisi 273 dan tahun ini Alhamdulillah menlonjak di posisi 123,” ujarnya.

Ditambahkan Johan dari versi Unirank peringkat Unived juga mengalami lonjakan besar. Tahun ini pada Unived berada pada peringkat ke 80, sementara tahun 2018 masih berada di peringkat 208.

“Tahun 2018 lalu kita versi Unirank berada pada peringkat ke 208,” ujar Rektor UNIVED yang juga Guru Besar Universitas Bengkulu.

“Alhamdullilah UNIVED mencapai peringkat yang terus meningkat dan menjadi peringkat terbaik PTS di Bengkulu versi kedua lembaga peringkat Perguruan Tinggi. Ini semua tentu hasil dari peningkatan kinerja di semua unit di UNIVED” tambahnya.

Pengembangan UNIVED

Kenaikan peringkat tersebut tentu disebabkan banyak banyak faktor yang mempengaruhinya. Para lembaga peringkat mempunyai kriteria tersendiri untuk menilai.

Namun demikian, beberapa tahun terakhir Unived terus berbenah untuk peningkatan kinerja, penelitian dan pengabdian, kualifikasi dosen dan sertifikasi dosen serta jabatan akademik.

“Dosen Unived yang penelitiannya didanai oleh Menristek Dikti pada tahun 2017 ada sebanyak 16 dosen, meningkat pada tahun 2018 sebanyak 30 dosen, ini artinya Dikti percaya Unived mampu untuk melaksanakannya sedangkan tahun 2019 ada 82 usulan proposal,” ujar Ir. Jusuf Wahyudi Ketua LPPM Unived.

Begitu pula Jusuf mengatakan bahwa satu-satunya PTS di Bengkulu Hak Kekayaan Intelektual (HKI) tertinggi dalam satu semester 100 hak cipta berhasil didapatkan dari Kemenkumham.

“HKI merupakan untuk mengukuhkan secara legal hak cipta dosen. Selama satu semester sudah ada 100 hak cipta yang berhasil didapatkan,” jabarnya. (rfky)

Leave a Reply

avatar
254
  Subscribe  
Notify of